Kembangkan Potensi Desa, Petani Kopi Petaling Terima Penghargaan

Dwi H Putra    •    Kamis, 15 Oktober 2020 | 15:13 WIB
Lokal
Caption: Petani kopi asal Desa Petaling Banjar, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka. (dwi/wb)
Caption: Petani kopi asal Desa Petaling Banjar, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Petani kopi asal Desa Petaling Banjar, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan,  penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah daerah kepada petani yang sudah mengembangkan potensi desa.

"Kami bangga kepada petani kopi Petaling Banjar yang sudah mengembangkan potensi desa. Ini menjadi bentuk nyata dan bukan hanya cerita," kata Mulkan, Kamis (15/10/2020).

"Kita berpikir kopi itu banyak dari luar Bangka, padahal di kita ada dan ini belum banyak diketahui masyarakat. Jadi harus kita kembangkan bersama-sama," harapnya.

Lanjutnya bentuk pengembangan tersebut, dapat dijadikan oleh-oleh bagi masyarakat saat berkunjung ke Kabupaten Bangka, terutama oleh penikmat kopi.

"Apalagi bagi penikmat kopi, kopi itu bisa jadi sumber inspirasi. Maka harus sama-sama kita promosikan kopi Petaling Banjar ini," ajaknya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Petani Petaling Banjar, Sumardi, mengaku saat ini kebutuhan kopi sangat luar biasa di Babel, seperti di Pulau Belitung saja membutuhkan dua ton bubuk kopi per hari.

"Belum terhitung yang di Bangka, jadi berapa banyak kebutuhan kopi per hari, di Belitung saja butuh dua ton per hari untuk kopi, semua di pasok dari Lampung," jelas Sumardi.

"Maka dari itu, kami mengajak masyarakat untuk membudidayakan kopi, supaya Babel bisa menjadi salah satu penghasil kopi di Indonesia," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE