PWI Bangka Belitung Kecam Intimidasi Wartawan oleh Oknum Anggota DPRD Bangka Tengah

Tim_Wow    •    Jumat, 16 Oktober 2020 | 19:09 WIB
Nasional
Logo PWI.(net)
Logo PWI.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bangka Belitung mengecam keras terhadap oknum anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah yang mengintimidasi wartawan online wowbabel.com saat sedang bertugas

Terjadinya intimidasi yang dilakukan oknum anggota DPRD Bangka Tengah terhadap wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistik, disesalkan oleh PWI Bangka Belitung. Kecaman keras pun datang dari Ketua PWI Babel, Muhammad Fathurrakhman.

“Tindakan mengintimidasi dengan meminta menghapus gambar atau video, itu sudah jelas melanggar,” ujar Muhammad Fathurrakhman, Jumat (16/10/2020).

Diketahui, sebelumnya, pada Kamis (15/10/2020), oknum anggota DPRD Bangka Tengah melabrak Herdian Farid, wartawan yang bekerja untuk media Wow Babel. Saat bertemu, Herdian pun mengeluarkan telepon selulernya dan mengaktifkan fitur kamera untuk merekam momen klarifikasi yang tersaji di depannya. Namun oknum tersebut keberatan, dan memaksa Herdian untuk menghapus rangkaian peristiwa yang telah diabadikannya.

Pangkal peristiwa, bermula ketika oknum anggota DPRD Bangka Tengah itu tak terima terhadap pemberitaan adanya anggota DPRD Bateng yang kedapatan merokok di ruang paripurna.

Fakta itu jelas mengangkangi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) No 16 Tahun 2014 yang menjadi produk hasil olahan DPRD Bangka Tengah.

“Dari sini juga sudah ada cacat etika. Karena mereka yang bikin Perda. Kok tidak memberi contoh yang baik untuk masyarakat,” ujar Muhammad Fathurrakhman atau akrab disapa Boy.

Terhadap adanya intimidasi yang dilakukan terhadap wartawan, Boy mengatakan jalur hukum harus ditempuh.

“Tindakan intimidasi itu sudah melecehkan profesi. Tindakan ini harus dihentikan, tak boleh terjadi lagi. Jalur hukum adalah langkah terbaik yang mesti ditempuh,” tukas Boy.(*)




MEDSOS WOWBABEL