Segini Jumlah DPT Pemilih Babar di Pilkada 2020

Caption: Rapat pleno terbuka penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Bangka Barat, Jumat (16/10/2020). (rul/wb)
Caption: Rapat pleno terbuka penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Bangka Barat, Jumat (16/10/2020). (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat telah menetapkan jumlah pemilih dalam Pilkada Bangka Barat sebanyak 134.414 jiwa.

Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada tahun 2020 Kabupaten Bangka Barat berlangsung dalam rapat pleno terbuka yang diselenggarakan KPU Bangka Barat, Jumat (16/10/2020).

Adapun Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetepan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan rincian pemilih model A1KWK sebanyak 134.273, Pemilih Baru sebanyak 888, Pemilih Tidak Memenuhi Syarat  sebanyak 747, Perbaikan Data Pemilih sebanyak 2.450, dan Pemilih Akhir yang ditetapkan sebagai DPT sebanyak 134.414.

Korp Data dan Informasi KPU Kabupaten Bangka Barat, Henny Afriana mengatakan,
rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP-red) dimulai dari  tingkat Desa yang berlangsung pada 4 sampai 6 Oktober. Kemudian  dilanjutkan tingkat Kecamatan pada 7 sampai 9 Oktober dan tingkat kabupaten pada 9 sampai 15 Oktober

"Selama acara Alhamdulillah berjalan lancar, setiap Kecamatan dalam cakupan enam Kecamatan ada perubahan-perubahan dari jajaran rekap di tingkat Kecamatan menuju ke rekap di Kabupaten ini," ungkapnya.

Henny menjelaskan, ada perubahan yakni pada pemilih baru dan pemilih yang tidak memenuhi syarat berubah dari sebelumnya.

"Data dari Capil sudah ada 2016 data yang sudah ada melakukan perekaman oleh karena itu kita tuangkan menjadi ubah data yang statusnya belum merekam menjadi sudah merekam," terang Henny.

Ia menjelasakan, untuk yang nanti tidak masuk dalam DPT tapi mempunyai hak pilih, Henny menyebutkan masih ada kesempatan untuk dapat memilih menggunakan DPTb.

"Bukan perbaikan kalau ada diluar masa tanggapan setelah DPT ditetapkan, kalau pun masih ada perubahan contoh ada yang TMS nanti bisa si pemilih pada saat hari H kan masih ada peluang untuk sebagai pemilih yang memang punya hak pemilih bisa menggunakan hak pilihnya di jam 12 pada saat hari H sebagaiDaftar Pemilih Tambahan (DPTb)," tutupnya. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL