Enam Jenis Obesitas yang Perlu Diketahui

Tim_Wow    •    Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:57 WIB
Hiburan
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Masalah obesitas terus meningkat, hal ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat. Obesitas merupakan penumpukan lemak tubuh yang berlebih sehingga berat badan meningkat.

Mereka yang mengalami obesitas sangat rentan terserang berbagai penyakit, seperti stroke, penyakit jantung koroner, gagal jantung, diabetes mellitus, dan kanker. Sehingga obesitas bisa menyebabkan kematian.

Para ahli kesehatan dan peneliti telah menemukan enam kelompok obesitas berdasarkan kebiasaan dan gaya hidup. Hal ini dapat membantu orang-orang yang mengalami obesitas untuk mendapatkan pengobatan serta perawatan yang sesuai dengan kondisinya masing-masing.

Ternyata obesitas tidak melulu orang yang terlihat gemuk atau mempunyai perut yang buncit. Penumpukan lemak bisa terjadi di berbagai bagian tubuh, tergantung dengan gaya hidup.

Ini enam jenis obesitas yang perlu diketahui:  

Obesitas karena kurang gerak 

Adanya tumpukan dan lipatan lemak di bagian dada hingga perut ke bawah pertanda kurangnya beraktivitas fisik seperti olahraga.

Ternyata olahraga dapat mencegah timbunan lemak. Olahraga  tidak selalu harus jogging ataupun olahraga berat lainnya, olahraga juga bisa dilakukan dengan sederhana, seperti berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit.


Obesitas akibat pola makan 

Ternyata makanan dan minuman merupakan faktor utama penyebab obesitas. Makan berlebihan bisa mengakibatkan berat badan dan kadar lemak tubuh meningkat. Mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan rendah zat gizi menyebabkan obesitas terjadi, yaitu seperti gula, makanan-makanan ringan lainnya. Obesitas ini memiliki ciri yaitu penumpukan lemak terlihat pada leher, dagu, dan bagian dada.


Obesitas karena penyumbatan vena

Obesitas ini disebabkan sirkulasi pembuluh vena tersumbat akibat berbagai hal. Hal ini dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan berlemak terlalu banyak. Untuk mencegah bahkan mengatasinya adalah dengan melakukan olahraga teratur. Penumpukan lemak yang terjadi pada obesitas vena bisa terlihat pada bagian kaki dan bagian bokong.


Obesitas timbul karena cemas

Rasa cemas atau tertekan yang berlebihan ternyata mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Ketika mengalami berbagai macam perasaan yang buruk maka cenderung menimbulkan nafsu makan yang tinggi dan menjadikan makanan sebagai tempat pelarian. Obesitas yang disebabkan karena perasaan yang buruk dapat terlihat lipatan lemak pada perut bagian tengah.


Obesitas karena aterogenik

Perut buncit adalah salah satu tanda dari obesitas atau kegemukan. Ini diakibatkan penumpukan lemak yang berlebihan di area perut. Dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan, seperti membuat susah bernapas. Bahkan obesitas akibat perut buncit lebih berbahaya dibandingkan dengan obesitas secara keseluruhan.


Obesitas gluten

Obesitas ini lebih banyak dialami oleh perempuan yang sudah memasuki masa menopause dan keseimbangan tubuhnya menurun. Obesitas jenis ini memiliki karakteristik yaitu terdapat kelebihan lemak di bagian panggul.(*)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE