Update Covid-19: Bangka Bertambah Enam Kasus, Dua Diantaranya Kakak Adik

Dwi H Putra    •    Minggu, 18 Oktober 2020 | 19:46 WIB
Lokal
Caption: Juru Bicara Bersama Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra. (dwi/wb)
Caption: Juru Bicara Bersama Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Sebanyak enam orang warga Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (18/10/2020). 

Juru Bicara Bersama Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra, berasal dari Kecamatan Sungailiat sebanyak lima orang dan satu orang berasal dari Kecamatan Mendo Barat. 

"Benar hari ini kembali bertambah enam kasus Covid-19 di Bangka, total saat ini sudah mencapai 132 orang," kata Boy Yandra di Sungailiat, Minggu (18/10/2020).

"Untuk pasien sembuh 116 orang dan 16 masih dalam isolasi dirumah sakit  dan karantina," ujarnya. 

Lanjutnya, keenam pasien tersebut diantaranya R (59) perempuan dan HL (35) laki-laki keduanya warga Kampung Jawa Srimenanti Sungailiat, KJF (7) perempuan dan FEJ (2) laki-laki keduanya warga Sri Pemandang Sungailiat, dimana keempatnya memiliki riwayat kontak erat HD dengan status kasus impor.

Kemudian, JB (55) laki-laki, warga Lingkungan Sudi Mampir Kelurahan Parit Padang Sungailiat, riwayat pelaku perjalanan dari Lombok tanggal Rabu (7/10/2020), selanjutnya E (61) laki-laki warga Jalan Mentok Desa Kace Timur Kecamatan Mendo Barat, memiliki riwayat perjalanan dari Riau tanggal Jumat (9/10/2020) kontak erat pasien konfirmasi Z (Pangkalpinang). 

"Selain itu, ada satu pasien yang dinyatakan sembuh atas nama A (61) perempuan, warga Jalan Depati Amir Sungailiat dengan riwayat kontak erat F," jelas Boy Yandra. 

Terkait tracking kasus positif enam orang, langkah atau tindak lanjut akan dilakukan diantaranya tracking kontak melalui Penyelidikan Epidemiologi (PE) yang akan dilaksanakan oleh tim surveilans PKM Sungailiat dan PKM Petaling dan Dinkes Bangka. 

Kemudian berdasarkan hasil PE akan ditentukan kriteria kontak, kontak yan memenuhi kriteria kontak erat akan dilakukan swab sebanyak dua kali, selanjutnya kontak yang tidak memenuhi kriteria kontak erat dalam hal ini kontak sekunder (kontak dengan kontak eratnya positif) akan dilakukan rapid di waktu dan lokasi yang sama dengan pelaksanaan PE pada poin satu. 

Ditambahkannya saat ini di Kecamatan Sungailiat terdata pasien positif 53 orang, 46 orang sembuh dan 7 orang masih didalam isolasi dan karantina. Di Kecamatan Pemali pasien positif 39 orang,sembuh 35 orang dan empat masih dikarantina. Di Kecamatan Merawang pasien positif 17 orang, 14 orang sembuh dan tiga masih dikarantina. 

Di Kecamatan Belinyu pasien positif 13 orang dan 12  orang sudah sembuh dan satu orang karantina, sedangkan di Kecamatan Mendo Barat positif 9 orang, sembuh 8 orang dan satu orang masih dikarantina. 

"Mari saling menjaga dengan tetap menerapkan dan meningkatkan protokol kesehatan Covid-19," pungkas Boy Yandra. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL