Update Covid-19: Pasien Positif Corona Melonjak, 16 Warga Babel Terkonfirmasi Positif

Dwi H Putra    •    Minggu, 18 Oktober 2020 | 22:05 WIB
Lokal
Caption: Data Pasien Covid-19 di Babel.
Caption: Data Pasien Covid-19 di Babel.

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Desease (Covid) 19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali mengalami lonjakan, seperti yang terdata pada Minggu (18/10/2020) sebanyak 16 orang warga berasal dari empat daerah. 

Sekretaris Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, mengatakan ke-16 pasien baru ini berasal dari Kabupaten Bangka, Bangka Tengah (Bateng), Belitung dan Belitung Timur (Beltim). 

"Bertambah 16 kasus, jadi total se-Babel mencapai 515 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata Mikron, Minggu (18/10/2020). 

Lanjutnya, 16 orang pasien tersebut diantaranya Kabupaten Bangka sebanyak enam orang diantaranya RD (59) perempuan dan HL (35) laki-laki, keduanya beralamat di Jalan Kartini, Gang Arjuna, Kp Jawa, Sri Menanti, Sungailiat. Kemudian, KJF (7) perempuan dan FEJ (2) laki-laki keduanya beralamat di Perumahan Sapphire Residence, Sri Pemandang, Sungailiat. 

Berdasarkan riwayat, keempatnya merupakan kontak erat H-D, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 dan saat ini masih menjalani perawatan di Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Depati Bahrin Bangka. Diketahui bahwa R-D adalah isteri dari H-D. Dari hasil tes swab PCR pada 17 Oktober 2020 keempatnya dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

Lalu, ED (61) laki-laki, beralamat di Jalan Mentok, Kace Timur, Mendo Barat, berdasarkan riwayat, pada 9 Oktober 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Riau ke Bangka dan merupakan kontak erat Z-L, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 dan saat ini masih menjalani karantina dan perawatan di RSBT Pangkalpinang. Dari hasil tes swab PCR pada 17 Oktober 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Termasuk dalam kategori kasus impor.

Dan JB (55) laki-laki, beralamat di Jalan Mangkol, Sudi Mampir, Parit Padang, Sungailiat, berdasarkan riwayat, pada 7 Oktober 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, ke Bangka. Dari hasil tes swab PCR pada 17 Oktober 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Termasuk dalam kategori kasus impor. Sejak 18 Oktober 2020 menjalani perawatan dan karantina di RS Medika Stannia, Sungailiat, Bangka.

Selanjutnya dari Kabupaten Bateng sebanyak empat orang, yakni SH (43) laki-laki, beralamat di Perlang, Lubuk Besar, berdasarkan riwayat, yang bersangkutan merupakan kontak erat Y-B, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 dan saat ini masih menjalani isolasi. Dari hasil tes swab PCR pada 17 Oktober 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Termasuk dalam kategori kasus transmisi lokal.

Lalu, NW (43) perempuan dan FAA (17) laki-laki, keduanya beralamat di Berok, Koba, berdasarkan riwayat, keduanya merupakan kontak erat S-Y, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa N-W adalah isteri dari S-Y, sementara F-A-A adalah anak dari S-Y dan N-W. Dari hasil tes swab PCR pada 17 Oktober 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, termasuk dalam kategori kasus lokal. 

SJ (46) laki-laki, beralamat di Batu Belubang, Pangkalan Baru, berdasarkan riwayat yang bersangkutan beberapa hari sebelumnya berobat dan memeriksakan dirinya di salah satu klinik kesehatan/dokter praktik di Pangkalan Baru, karena memiliki keluhan dan gejala klinis mual dan diare disertai demam. Dari tes rapid diperoleh hasil reaktif, dari hasil tes swab PCR pada 17 Oktober 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Termasuk dalam kategori kasus transmisi lokal. 

Dari Kabupaten Belitung sebanyak lima orang atas nama JK (41), BSA (36), AAH (23), HN (23) keempatnya laki-laki dan AMR (20) perempuan, kelimanya yang diketahui merupakan pegawai di Kantor Bea Cukai Tanjung Pandan, Belitung, itu berdomisili di Pangkal Lalang, Tanjung Pandan, Belitung. 

Berdasarkan riwayat, pada 12 Oktober 2020 J-K melakukan perjalanan dari Jakarta, daerah terjangkit dan episentrum Covid-19, ke Belitung. Termasuk dalam kategori kasus impor. Sedangkan B-S-A, A-A-H, A-M-R, dan H-N adalah kontak erat orang yang terkonfirmasi Covid-19. Termasuk dalam kategori kasus transmisi lokal.

Kelima orang tersebut dari hasil tes swab PCR TCM pada 17 Oktober 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, menjalani swaisolasi atau karantina mandiri dalam pengawasan dan pemantauan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung. 

Di Kabupaten Beltim atas nama EH (55) perempuan, beralamat di Ban Motor, Lalang, Manggar, Beltim, berdasarkan riwayat, E-H yang merupakan ASN di Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur, itu adalah kontak erat suaminya (H-L), orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 dan saat ini masih menjalani perawatan di Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Belitung Timur. Termasuk dalam kategori kasus transmisi lokal. Dari hasil tes swab PCR TCM dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Sejak 7 Oktober 2020 menjalani perawatan di Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Beltim. 

"Sebanyak 515 kasus tersebar di Pangkalpinang sebanyak 182, Bangka 132 kasus, Bateng 80 kasus, Babar 45 kasus, Basel 12 kasus, Belitung 50 kasus dan Beltim 14 kasus," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL