Dusun Sukal Kampung Bahari Nusantara Kaya Potensi

Caption: Danlanal Babel Kolonel Laut (P)  Dudik Kuswoyo bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meresmikan Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Babel di Dusun Sukal desa Belo Laut Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat,  Senin (19/10/2020). (rul/wb)
Caption: Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meresmikan Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Babel di Dusun Sukal desa Belo Laut Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Senin (19/10/2020). (rul/wb)

MUNTOK ,www.wowbabel.com -- Danlanal Babel Kolonel Laut (P)  Dudik Kuswoyo bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meresmikan Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Babel di Dusun Sukal desa Belo Laut Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat,  Senin (19/10/2020).

Danlanal Babel menjelaskan bahwa pencanangan kampung Bahari di Dusun Sukal, Desa Belo Laut merupakan realisasi nyata dari pembinaan kampung nelayan yang dilaksanakan Lanal Babel.  

"Sebelumnya Lanal Babel telah melaksanakan Bhakti Sosial di awal pandemi Covid-19 kemarin. Waktu itu, kami mensurvey potensi laut di Dusun Sukal sangat berlimpah diantaranya adanya hutan Mangrove dan sudah dijadikan salah satu destinasi wisata dan dusun sukal merupakan penghasil biodata laut seperti ikan, Kepiting Bakau dan Kerang," ungkap Dudik.

Kedepannya, akan dibuat BUMDes untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan juga dapat berkolaborasi dengan DKP Provinsi atau Bangka Barat serta Babinsa dan Babinkamtibmas.

Sementara itu Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengungkapkan Pemerintah Provinsi Babel telah membantu budidaya kerang di Dusun Sukal dengan adanya kampung Bahari di dusun Sukal bisa diberdayakan dan dibina oleh Pos TNI AL Muntok jajaran Lanal Babel. 

"Kami titipkan untuk mengatur manajemen terhadap mengelola hasil laut masyarakat setempat melalui koperasi yang akan dibentuk. Tahun depan insya allah akan dibangun dermaga sepanjang 75 meter. Jadikan hutan bakau yang ada sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Bangka Barat," pintanya. 

Pemprov Babel melalui DKP akan melaksanakan Program nelayan di dusun Sukal seperti nelayan yang ada di tempat lain untuk bisa meminjam dana melalui UMKM Kabupaten Bangka Barat dimana pinjaman tersebut bisa dibelikan kapal untuk tangkap ikan. 

Pjs. Bupati Bangka Barat Drs.Sahirman Jumli mengatakan, Kabupaten Bangka Barat memiliki potensi sumber daya laut salah satunya penghasil kerang terbesar di Kabupaten Bangka Barat.

"Budidaya kepiting Bakau serta memiliki hutan mangrove, hal tersebut bisa meningkatkan hasil masyarakat sekitar. Oleh karenanya penunjukan dusun Sukal sebagai salah satu lokasi kampung bahari merupakan hal yang tepat," ucapnya.

Ia menambahkan, sudah ada Babinpotmar yang bisa berkolaborasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas setempat untuk pembinaan masyarakat pesisir. 

Dalam peresmian kampung Bahari binaan Lanal Babel, dan Gubernur menyerahkan bantuan berupa mesin tempel 15 PK 2 Buah, Pjs Bupati Bangka Barat menyerahkan bantuan benih kerang dan Lanal Babel menyerahkan bantuan life jacket 50 buah, Fiber 10 buah, Sembako dalam Box 30 buah. Beras 25 bungkus kepada para nelayan Dusun Sukal. Bantuan ini diharapkan dapat mewujudkan kemandirian dengan pembinaan dan pengayoman dari Babinpotmar Posal Muntok Lanal Babel bersama pemerintah daerah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL