Gandeng BRI Syariah dan PT Empat Saudara, Babel Siap Kembangkan Budidaya Porang

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. (ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. (ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menjelaskan, secara teknis budi daya porang oleh petani Babel ditangani oleh BRI Syariah bersama PT Empat Saudara yang akan membimbing petani mulai dari pembiayaan, bibit, hingga hasil panen pasti memiliki pembeli (offtaker). 

Pemprov Babel bersama calon petani dan calon lokasi pemantapan budi daya tanaman porang sepakat untuk membudidayakan tanaman Porang di Babel dalam audiensi dengan komisaris dan direksi Bank Syariah Bangka Belitung di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Selasa (20/10/2020).

Porang adalah tanaman khas Indonesia yang juga dibudidayakan oleh negara lain seperti, Thailand dan Vietnam. Industri porang dapat dikembangkan khususnya di Babel, agar bisa menjadi komoditi ekspor asal Indonesia yang sementara baru memenuhi 25 -20 persen kebutuhan dunia. 

Sinergi yang dilakukan juga melibatkan mahasiswa jurusan pertanian UBB. Harapannya, melalui audiensi ini dapat membantu agar tanaman porang berkembang sesuai dengan yang diharapkan hingga hasil tanaman porang Babel dikenal dunia. 

Dalam rangka percepatan pengembangan porang di Bangka Belitung, berikut merupakan topik yang dibahas dalam audiensi, di antaranya: Pembentukan pola kerja sama untuk menentukan harga dan target pasar serta para offtaker.

Kebutuhan modal usaha dalam memulai dan mengembangkan tamanan porang akan dibantu oleh BRI.

Keberhasilan bertani porang mulai dari tahap benih, budidaya, pupuk hingga tehnik panen.

Memperhatikan pola tanam yang digunakan calon para petani, berupa manokultural atau tumpang sari porang bersama tanaman lain. 

"BRI Syariah akan memberi bantuan pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro secara langsung kepada PT Empat Saudara, agar petani mendapat bibit unggulan, baik fasilitas teknis dalam budi dayanya," ungkap Erzaldi. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL