Investasi Cold Storage Udang Bakal Serap Tenaga Kerja Dalam Jumlah Besar

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi  Rosman.(ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menghadiri rapat teknis terkait rencana pembangunan cold storage oleh PT Prima Dwimitra untuk berinvestasi di Babel di Ruang Rapat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (21/10/2020). 

Pembangunan cold storage ini difungsikan agar dapat menyimpan udang mentah dengan baik guna produksi ekspor permintaan dunia mengingat selama ini Bangka Belitung merupakan penghasil udang yang potensial dengan kuantitas cukup tinggi.

“Jadi kita patut bersyukur dalam waktu dekat, akan ada investasi cold storage untuk pengelolaan udang. Bagi Pemerintah Babel dengan langsung ekspor produksi akan menambah devisa ekspor yang selama ini kita belum pernah ekspor dari Bangka Belitung. Karena itu harus didukung,” ungkap Erzaldi. 

Melalui paparannya, pihak PT Prima Dwimitra, Thomas menyampaikan dengan rencana usaha bisnis ini dibutuhkan tenaga kerja sebanyak 1.500, dengan perhitungan 80 persen wanita dan 20 persen pria dengan pertimbangan wanita dinilai memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi. 

Tentu hal ini memberikan kabar baik bagi pengangguran di Bangka Belitung. Bukan itu saja, dengan dibukanya perusahaan ini membutuhkan raw material sebanyak 30-40 ton perhari. Hal ini bisa memicu para petani udang untuk meningkatkan jumlah panen udang.

Tahapan yang akan dilakukan dalam proses produksi udang antara lain penerimaan bahan baku, pemotongan kepala, pemisahan ukuran dan kualitas. Tahap ini akan memisahkan antara produk setengah jadi atau produk matang, dan tahap metal detector, untuk memeriksa kembali apakah ada kandung besi yang ada pada udang.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL