Mau Liburan ke Babel, Ini Pilihan Objek Wisata yang Bisa Dikunjungi

Tim_Wow    •    Senin, 26 Oktober 2020 | 13:26 WIB
Travel
Caption: Salah satu destinasi wisata Pulau Mentigi. (dok/wb)
Caption: Salah satu destinasi wisata Pulau Mentigi. (dok/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pemerintah telah menetapkan 28 dan 30 oktober sebagai hari cuti bersama. Cuti bersama ini berkenaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 29 Oktober. Dengan kebijakan ini, otomatis hari liburnya semakin lama atau long week end.

Nah, anda sudah punya rencana belum mau ngapain long week end ini? Bagi anda yang memilih untuk berlibur, jangan khawatir meski di masa pandemi ini beberapa destinasi wisata juga telah fokus menerapkan protokol kesehatan. Jadi, kamu tetap bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

Jika anda berniat untuk melepas penat dan rasa rindu untuk berlibur ke luar kota, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa menjadi alternatif pilihan liburan anda bersama keluarga. Bangka Belitung memiliki keindahan pantai dan wisata lainnya serta kuliner yang khas dapat memberikan sensasi liburan yang menarik bagi anda.

Berikut Destinasi Wisata yang bisa jadi Pilihan Anda di Pulau Bangka

1. Pantai
Ada banyak pantai yang bisa anda kunjungi saat berada di Pulau Bangka. Pantai yang membentang luas ini terdapat di hampir setiap kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jika anda ingin tak terlalu jauh dari Pusat Kota, anda bisa mengunjungi Pantai Pasir Padi. Selain itu, jika anda ingin berenang dan mandi air pantai anda bisa mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten Bangka, misalnya Pantai Matras, Pantai Tongaci, Pantai Tikus Emas, Pantai Parai, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Turun Aban, Pantai Rebo, Pantai Takari, Pantai Penyusuk, Pantai Romodong dan banyak lagi pantai lainnya yang bisa anda kunjungi.

Pantai-pantai di Babel memiliki pasir putih yang lembut, deburan ombak yang kencang dan juga air laut yang memesona. Ayoo tunggu apalagi, anda tinggal pilih pantai mana yang ingin anda kunjungi.

2. Wisata Air Terjun
Selain memililki Pantai yang indah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki banyak Air terjun bagi anda yang suka menghabiskan waktu liburan dengan menjelajah alam. Air terjun yang masih alami nan eksotis akan memberikan kesegaran tersendiri bagi anda yang mengunjunginya. Berikut beberapa wisata air terjun yang bisa anda kunjungi diantaranya Air Terjun Sadap. Air Terjun ini terletak di Dusun Sadap, Bangka Tengah. Air Terjun Manjang Merah yang terletak di Desa Berura kabupaten Bangka. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi Air Terjun Bukit Mangkol, Air Terjun Bukit Pading, Air Terjun Gurok Beraye, dan beberapa Air Terjun Lainnya.

3. Wisata Mangrove
Bagi anda yang juga suka berwisata ke hutan, mengunjungi wisata hutan mangrove bisa menjadi pilihan anda untuk long week end ini. Di Bangka Belitung banyak wisata hutan Mangrove yang eksotis, diantaranya ialah Wisata Mangrove Tukak Sadai di Kabupaten Bangka Selatan. Hutan Mangrove Munjang di Kurau juga tak kalah eksotisnya dengan hamparan mangrove yang tersusun rapi dan sensai naik speed akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Selain itu ada juga wisata Hutan Mangrove di Penagan yang terletak di Desa Penagan Kabupaten Bangka. Terakhir anda bisa melihat keindahan mangrove di wisata mangrove Leguk Bulan di Kampung Tanjung Sawah, Muntok.

4. Wisata Air Biru atau Danau Kaolin
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai produsen timah dunia. Lahan bekas pertambangan timah yang membentuk kawah seperti danau yang berwarna putih pada bagian sisinya, namun airnya berwarna biru. Perpaduan putih dan biru ini menjadi sangat indah apalagi jika siang hari. Timbunan bekas galian yang berwarna putih menambah pamandanga saat mengujungi danau kaolin. Danau Kaolin banyak dijumpai di Bangka, seperti di Desa Nibung kabupaten Bangka Tengah.

5. Wisata Pulau
Selain pantai, anda juga dapat mengunjungi pulau-pulau kecil di Bangka Belitung yang juga tak kalah esksotisnya. Untuk mengunjungi pulau anda perlu menggunakan perahu atau speed. Beberapa Pulau yang bisa anda kunjungi saat liburan diantaranya Pulau Ketawai di Kurau Bangka Tengah. Selain itu, ada Pulau Panjang di Desa Tanjung Gunung, kabupaten Bangka Tengah, Pulau Putri yang terletak di Belinyu Kabupaten Bangka dan Pulau Kelapan di Kecamatan Lepar Pongok, Bangka Selatan.

Jika anda menginap, anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata diatas dengan menentukan rute perjalanannya. Dijamin liburan anda di Bangka tidak akan membosankan. (wb)





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL