Penyertaan Modal Kota Pangkalpinang Harus Berdampak Kemudahan Kredit UMKM dan CSR

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil bersama DPRD Kota Pangkalpinang berkunjung ke Kantor Pusat Bank Sumsel Babel di Palembang.(ist)
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil bersama DPRD Kota Pangkalpinang berkunjung ke Kantor Pusat Bank Sumsel Babel di Palembang.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza menyampaikan Rencana Penyertaan Modal Pemerintah Kota Pangkalpinang kepada Bank Sumsel Babel diharapkan memberikan efek positif pada Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dalam memberikan kredit usaha yang seluas-luasnya hingga meringankan pedagang dimasa pandemi Covid-19 yang mempengaruhi perekonomian masyarakat.

"Rencana dalam waktu dekat Pemerintah Kota Pangkalpinang akan melakukan penyertaan modal kepada Bank Sumsel Babel hal itu tentunya harus memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, serta kemudahan pemberian kredit bagi pelaku UMKM dan penerimaan CSR di Kota Pangkalpinang, " ungkap Abang Hertza SH, disela-sela kunjungan kerja ke Bank Sumsel Babel Palembang, Senin (26/10/ 2020).

Ia juga menambahkan penyertaan modal juga menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah Kota Pangkalpinang di saat pendapatan daerah mengalami penurunan akibat Covid-19. Berdasarkan laporan pihak Bank Sumsel piden tahun buku 2020 sebesar Rp5.337.807.846,73 dan kenaikan piden tahun buku 2020 dibandingkan piden tahun buku 2019 Rp59.381.303,77, dan Bank Sumsel di nilai sehat dan layak dilakukan penyertaan modal pemerintah daerah.

Selain itu Pemkot Pangkalpinang sebagai pemilik saham terbesar di Bangka Belitung setelah Provinsi Bangka Belitung mengharapkan CSR yang disalurkan kepada Kota Pangkalpinang juga mendapat porsi yang adil sehingga dapat membantu masyarakat.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang, Dr Zufriady, pihaknya mendukung program Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam menambah penyertaan modal kepada Bank Sumsel Babel dalam rangka mendukung kemudahan kredit bagi UMKM.

Hal senada juga di sampaikan Ketua Komisi II DPRD Kota Pangkalpinang Ahmad amir. Mendukung rencana penyertaan modal Pemerintah Kota Pangkalpinang ke Bank Sumsel Babel yang harus dibarengi dengan kemudahan kredit bagi UMKM. Selain itu Bank Sumsel Babel juga diharapkan merealisasikan CSR di Kota Pangkalpinang.

Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Bangun Jaya yang juga turut hadir dalam kegiatan itu juga menyampaikan dukungannya dalam rencana penyertaan modal ke Bank Sumsel.

"Semua hal yang baik bagi masyarakat Kota Pangkalpinang tentu akan kita dukung," imbuh Bangun Jaya. 

Dalam Kesempatan itu Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil juga menyampaikan kepada jajaran Dirut dan Direksi Bank Sumsel Babel akan memastikan penyertaan modal Pemerintah Kota Pangkalpinang, karena Bank Sumsel Babel telah menjadi bagian dari Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam melakukan pembangunan. 

"Tentunya Bank Sumsel Babel juga harus lebih maksimal kedepannya untuk penyaluran kredit usaha kepada pelaku UMKM di Kota Pangkalpinang," tukas wali kota.(adv/*) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL