Ketawai, Gugusan Pulau Surga di Bangka Belitung

Tim_Wow    •    Sabtu, 31 Oktober 2020 | 08:32 WIB
Video Kite
Pulau Ketawai salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung.(dag/wb)

WOWTRAVEL, www.wowbabel.com -- Mengulik keindahan alam di Bangka Belitung (Babel), memang tidak pernah ada habisnya. Ratusan pulau yang terhampar diberbagai penjuru, membuat provinsi ini milik sejuta potensi bahari yang menarik untuk diexplore.

Salah satunya Pulau Ketawai. Sebuah daratan kecil yang terletak di seberang Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Bak surga tersembunyi, pulau ini memiliki daya tarik tersendiri terlebih bagi pecinta snorkeling. 

Hamparan karang yang masih alami dengan berbagai jenis ikan menari bebas disela-selanya, membuat alam bawah laut Pulau Ketawai begitu menawan dan sempurna.

Tak perlu buru-buru untuk menyelam, begitu tiba di daratannya saja pungunjung sudah dibuat takjub. Bagiamana tidak, hamparan pasir putih nan halus, berpadu air jernih membiru dengan desir angin sepoi-sepoi, adalah pengalaman pertama yang menyambut wisatawan ketika kaki pertama kali menapaki di pulau itu.

Selain snorkeling dan ping, di sana pengunjung dapat bermain jet sky serta banana boad yang dapat disewa dengan pihak penyedia. 

Sesuatu yang takkan pernah dirasakan ditempatkan lain, seperti yang diungkap Lisa, salah satu pengunjung saat bertamasya ke Pulau Ketawai.

"Pemandangannya cukup menarik, pantainya bersih dan airnya sangat jernih. Pengalaman yang sangat menyenangkan pernah ke sini," kata Lisa, salah satu pengunjung.

Pulau dengan luas sekitar 28 hektar itu merupakan pulau tanpa penghuni yang ditumbuhi pohon kelapa dan relatif sepi. 

Hanya terdapat dua orang selalu setia menjaga pantai, tempat yang cukup populer ini sangat cocok dijadikan rekomendasi liburan bersama keluarga dan sahabat. 

Apalagi di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, jauh dari hiruk-pikuk keramaian menjadi salah satu cara menangkal virus corona.

Sayang, pulau ini tidak dilengkapi pasilitas yang memadai, terutama tidak ada penginapan. Namun terdapat kamar mandi dan beberapa gazebo tempat untuk berteduh istirahat.

Makanya, bila hendak bertamasya ke Pulau Ketawai, pengunjung disarankan membawa bekal yang cukup dari rumah. Wisatawan juga di izinkan menginap dengan mendirikan tenda sendiri.

Nah, untuk sampai di Pulau Ketawai, wisata dapat menyewa perahu nelayan Desa Kurau. Dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. Akan tetapi bagi yang ingin berkunjung ke Pulau Ketawai, pengunjung hendaknya berkoordinasi juah hari pada nelayan setempat, agar perahu tak kandas akibat air laut surut.

"Kalau sewa perahu nelayan biasanya Rp 1 juta dengan kapasitas sampai 20 orang. Bisa juga sewa speed boat harganya sama Rp 1 juta dengan kapasitas 10 orang," kata Pemuda Desa Kurau, Kikin, Sabtu (31/10/2020).

Wisatawan disarankan untuk berangkat pagi hari, karena ombak laut yang tenang akan membuat perjalanan semakin nyaman.(dag/wb) 





MEDSOS WOWBABEL