Angkutan Barang dan Penumpang Jangan Lupa Uji KIR Enam Bulan Sekali

Caption: Balai Uji KIR Kabupaten Bangka Barat. (rul/wb)
Caption: Balai Uji KIR Kabupaten Bangka Barat. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Kepala Bidang Perhubungan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Bangka Barat, Juswardi menyampaikan pentingnya KIR kendaraan untuk syarat kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat untuk angkutan umum dan barang.

Juswardi menjelaskan, bahwa setiap kendaraan itu punya massa penggunaannya sehingga dalam aturan itu wajib setiap kendaraan bermotor angkutan umum dan barang dari Kementerian Perhubungan.

"Wajib sekali karena ini berpengaruh terhadap keselamatan berkendara, misalnya hal kecillah seperti rem blong jadi ini nih standarisasi angkutanlah," ujar Juswardi, Rabu, (04/11/2020).

Juswardi menuturkan, izin KIR dulu sejak terbentuknya Kabupaten Bangka Barat masih menginduk ke Kota Pangkalpinang karena dulu Bangka Barat belum memiliki penguji KIR.

"Kalau enggak salah tahun 2013 mulai ada penguji di kita satu orang kemudian 2014 bertambah lagi. Tapi, sebenarnya itu masih menginduk, sampai tahun 2015 kita mulai mengelola sendiri," tuturnya.

Ia menyebutkan, sampai sekarang Pemkab Bangka Barat sudah punya gedung sendiri dan penguji KIR sendiri sehingga Izin KIR bisa diproses di Pemkab Bangka Barat serta sekarang sedang pengajuan akreditasi.

"Alhamdulillah sekarang, awalnya sangat sulit tapi pelan-pelan kita sosialisasi sudah patuh. Sekarang sudah 2000 lebih yang izin KIR berbagai jenis dari mobil angkot, barang, tipe kecil, sedang, dan besar, izin KIR ini wajib," ungkapnya.

Menurutnya, pernah ada kejadian-kejadian  seperti kelebihan kapasitas, tapi terkadang penindakannya itu lebih ke human error yang ditangani kepolisian.

"Mudah-mudahan tahun depan ini pengujian itu sudah pakai kartu kesadaran itu. Untuk warga Bangka Barat kendaraan roda empat baik penumpang atau barang, rutinlah enam bulan sekali. Kalau sudah mendekati tanggal habis ujinya diuji kembali nanti kita lakukan sesuai prosedurnya," imbau Juswardi. (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL