Bawaslu Basel Terima Banyak Laporan, Sahirin: Jangan Sudah Kalah Baru 'Berbunyi'

Aston    •    Selasa, 10 November 2020 | 17:03 WIB
Pilkada
Caption: Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin. (as/wb)
Caption: Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin. (as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Tensi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2020 mulai bermunculan. Pelaporan dugaan pelanggaran kampanye sudah mengalir ke Sentra Gakkumdu. Namun, hingga saat ini belum ada laporan yang bergulir ke pengadilan.

Selain laporan dugaan pelanggaran kampanye, isu-isu negatif tak kalah mengalir deras ditengah publik, diantaranya aktivitas pengumpulan KTP untuk kepentingan Pilkada, yang mana aktivitas tersebut dibenarkan Bawaslu. Hanya saja belum ditemukan unsur pidana.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin menegaskan terus mendalami aktivitas pengumpulan KTP yang dia katakan sudah dilakukan secara masif itu. Jika ada unsur pidana seperti menjanjikan pemilih dan ada unsur materi didalamnya, maka dia mengajak baik petugas pengawasan kecamatan maupun siapa saja untuk  melaporkan kepada Bawaslu.

Sahirin juga mengajak para Tim Paslon untuk melaporkan kepada Bawaslu jika memang ada dugaan pelanggaran  kampanye. Ia berharap agar paslon jangan baru melaporkan setelah 9 Desember 2020.

"Kami mohon kepada semua pasangan calon, timses untuk menjadi perhatian juga. Jangan setelah 9 Desember, setelah tau siapa yang menang dan siapa yang kalah baru berbunyi, banyak kejadiannya," ujar Sahirin, Senin (9/11/2020).

"Hari ini mumpung masih ditahapan kampanye kalau memang ada informasi awal bisa menyampaikan ke Bawaslu, bisa langsung ke nomor WA (WhatsApp) Ketua Bawaslu dan kita siap," imbuhnya.

Lanjutnya, kepada siapapun yang melihat adanya indikasi pelanggaran diharapkan untuk melaporkan dan Bawaslu akan merahasikan identitas pelapor yang memberikan informasi awal dugaan pelanggaran.

Sahirin menegaskan Bawaslu akan bekerja profesional berdasarkan peraturan perundang-undangan.

"Identitas pelapor yang memberikan informasi awal kita rahasiakan. Dan akan jadi Informasi awal bagi Bawaslu untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut. Dan hari ini bahwa Bawaslu bekerja tidak hanya berdasarkan pesanan tertentu, tapi kami juga bekerja berdasarkan sesuai peraturan yang berlaku dan melekat di Bawaslu," tukasnya. (as/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL