40 PSK di Parit 6 Dites HIV

Hendri Dede PKP    •    Rabu, 11 November 2020 | 14:58 WIB
Lokal
Caption: Para PSK saat akan melakukan pemeriksaan HIV. (hdd/wb)
Caption: Para PSK saat akan melakukan pemeriksaan HIV. (hdd/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sebanyak 40 pekerja seks komersial (PSK) yang berada di lokalisasi Parit 6 Kota Pangkalpinang menjalani pemeriksaan HIV/AIDS melalui program Voluntary Counselling and Testing (VCT) mobile, Rabu (11/11/2020).

Pemeriksaan dilakukan dalam menanggulangi dan mendeteksi dini penyebaran HIV/AIDS di Kota Pangkalpinang.

Wakil Wali Kota, Muhammad Sopian mengatakan, program tersebut dalam memperingati Hari HIV/AIDS sedunia, yang diinisiasi oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dengan menggandeng Dinas Kesehatan serta Puskesmas setempat di tempat lokalisasi.

"Tujuan kita tidak lain sebenarnya tes ini adalah suatu pemantauan dini perkembangan HIV/AIDS di Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Menurut Sopian, karena diketahui bersama bahwa di lokasi tersebut penyebaran HIV/AIDS sangat beresiko tinggi. Sehingga untuk pendeteksi dini resiko penularannya dilakukan pemeriksaan pada tempat tersebut.

"Semoga hasilnya cepat kita ketahui sehingga kita bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk pencegahannya. Kita ketahui bersama bahwa HIV ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan itu, hanya obat menambah imun mereka," tukasnya.

Tidak hanya di lokalisasi Parit 6, kata Sopian, juga di lokalisasi-lokalisasi lainnya tidak menutup kemungkinan akan dilakukan hal yang sama.

"Kalau ada yang positif langsung kita larang mereka untuk bekerja melakukan profesi itu. Tidak menutup kemungkinan ada tempat-tempat berprofesi seperti ini kita minta tambahan alat tes ini kepada KPA Pusat," tandasnya. (hdd/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL