Tolak KIP di Matras, Nelayan Coba Bakar Perahu

Caption: Junaidi saat dicegah nelayan lainnya saat ingin membakar perahunya. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Aksi nelayan yang menolak adanya aktivitas pertambangan laut milik mitra PT Timah Tbk terus bergejolak di Pantai Matras Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kali ini, salah seorang nelayan mencoba membakar perahu miliknya sendiri, sebagai bentuk kekecewaan kepada pemerintah, aparat keamanan dan perusahaan yang tidak menggubris keinginan mereka supaya kapal isap produksi (KIP) pindah dari Perairan Pantai Matras.

Aksi tak terduga tersebut dilakukan Junaidi (48) salah seorang nelayan, ketika nelayan lainnya sedang istirahat di pondok.

Secara tiba-tiba, Junaidi yang memegang botol mineral berisikan bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin, berlari ke perahunya sembari menyiram BBM. Untungnya, aksi itu diketahui nelayan lain sebelum Junaidi mengeluarkan korek api dari saku celananya.

Junaidi pun langsung diamankan rekan-rekannya menjauh dari perahu yang sudah beraroma BBM tersebut.

"Inilah bentuk kekecewaan teman kami, untung masih bisa ditahan dan diamankan rekan-rekan lainnya," kata Ketua Nelayan Aik Antu Dusun Bedukang, Ngikiw di Sungailiat, Rabu (11/11/2020).

"Bagaimana tidak kecewa, kami disini turun temurun mencari nafkah untuk keluarga sejak zaman kakek nenek kami, tiba-tiba dirusak dengan aktivitas tambang," ujarnya.

Lanjut Ngikiw, percobaan Junaidi membakar perahu disebabkan kekecewaan nelayan, setelah aksi nelayan sebelumnya tidak digubris oleh pemerintah daerah, aparat keamanan dan perusahaan untuk tidak beraktivitas dan memindahkan KIP dari Perairan Matras.

"Iya berpikir untuk apa lagi perahunya jika tidak bisa melaut lagi, tidak bisa mencari nafkah lagi. Apalagi perahu ukuran kecil disini tidak bisa menjangkau laut lepas, ya di Matras ini saja bisanya," jelas Ngikiw.

"Ini baru satu, entah dengan yang lainnya, kami tidak bisa berbuat apa-apa lagi, hanya bisa berpesan supaya tidak merugikan diri sendiri," pungkasnya. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL