Hellyana Pertanyakan Kebijakan Anggaran 2021 untuk Pemenuhan Hak Perempuan

Yayuk    •    Jumat, 20 November 2020 | 09:53 WIB
Lokal
Caption: Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hellyana. (yuk/wb)
Caption: Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hellyana. (yuk/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hellyana mengingatkan agar pemerintah provinsi turut memperhatikan kepentingan perempuan terutama dalam kebijakan anggaran pada program yang berkaitan dengan perempuan. 

Hellyana mengingatkan, dalam anggaran 2021 harus memiliki program yang tetap mengutamakan hak-hak perempuan. Sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang bahwa 30 persen harus memenuhi hak-hak perempuan.

"Saya tanya ke eksekutif berapa persen anggarannya termasuk ke Dinas Pemberdayaan Perempuan, selama ini tidak signifikan, di pendidikan, kesehatan. Bahkan sesuai kewenangan kami sebagai mitra PPK Pemdes di Komisi I untuk pemberdayaan melalui PKK pemdes yang sudah kita kucurkan dana  hampir Rp 1, 5 miliar," katanya. 

Ia berharap, anggaran dalam program pemenuhan hak-hak perempuan harus tepat sasaran dan memberikan nilai tambah bagi perempuan. Menurutnya, Ia akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait program pemberdayaan perempuan.

“Saya ingin langsung kesasaran anggaran ini berpihak kepada perempuan, makanya eksekutif tolong lakukan hal ini. Saya minta di komisi lain juga sinergi dengan kita untuk program-program yang berpihak kepada perempuan," katanya. 

Ia berharap, agar semua pihak dapat memenuhi hak-hak perempuan, karena perempuan harus diberdayakan dan dilindungi.

"Untuk masalah kesetaraan jangan sampai ini terlupakan hanya karena, saya tanyakan tadi ternyata mereka tidak menghitung khususnya untuk pemberdayaan perempuan ini berapa persen , ini adalah pertanggungjawaban oleh KPPI, Dharma Wanita, PKK, ibu rumah tangga  yang menanyakan seberapa di belanya oleh pemerintah ini," ujarnya.

"Saya mempertanyakan eksekutif ini sudah berapa jauh memperjuangkan kesetaraan ini  terutama dalam anggaran  2021. Ia berharap momentum Pilakada 9 Desember berjalan lancar," katanya. (yuk/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL