Erzaldi Minta PT Timah Tbk Realisasikan Tambahan Royalti dan Saham

Hafiz Wow    •    Sabtu, 21 November 2020 | 21:16 WIB
Lokal
Peringatan HUT Ke-20 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Gedung DPRD Bangka Belitung.(fiz/wb)
Peringatan HUT Ke-20 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Gedung DPRD Bangka Belitung.(fiz/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta semua pihak bersinergi dalam rangka memulihkan perekonomian Bangka Belitung. 

Hal ini disampaikan Erzaldi saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (21/11/2020).

Erzaldi mengatakan tantangan semua pihak kedepan membangkitkan kontraksi yang terlampau jauh, yakni terkontraksi minus 4,23 persen.

"Yang tadinya minus 4,9 sekarang beranjak minus 4,23 persen. Harapan kita nantinya akhir tahun ini kita bisa mengungkit walaupun belum plus, target kita adalah sekitar minus dua persen," ungkap Erzaldi. 

"Ini bukan pekerjaan yang mudah, perlu kerjasama kita semua. Termasuk kerjasama kita ke BUMN terbesar di Bangka Belitung ini," tegasnya.

Ia menyebutkan pertumbuhan ekonomi Babel tidak lepas dari sektor pertambangan. Sektor menyokong sekitar 29 persen ekonomi Babel. Pihaknya berupaya meminta PT. Timah untuk membantu menaikan pertumbuhan ekonomi di Bangka Belitung.

"Dan terimakasih atas perjuangan tim yang kita bentuk bersama-sama. Pak Tabrani Alwi, beliau mantan Direktur Utama PT Timah juga Pak Darmansyah Husein, beliau berdua tim khusus yang kita minta untuk meminta perhatian pemerintah pusat, yakni pertambahan royalti tidak hanya tiga persen tapi sepuluh persen," imbuhnya.

Pihaknya juga meminta saham PT Timah agar adanya peran masyarakat Bangka Belitung dalam kepemilikan saham tersebut. Ia menegaskan permintaan tersebut bukan untuk memiliki uang dari royalti dan saham PT Timah, namun unsur kontrol di dalam perusahaan BUMN tersebut.

"Bagaimana kita bisa mengontrol agar kebijakan pertambangan ini dapat dikonsolidasikan bersama dengan rakyat. Tidak seperti sekarang dinamika dan sosialisasi rakyat terbatas, sehingga merepotkan semua pihak," ungkapnya.

"Kita ingin aset yang sudah ada ini, harta yang sudah ada ini, jangan membuat gaduh dimana-mana sehingga energi kita terkuras untuk itu. Tetapi apalah arti sebuah kekayaan jika tidak berdayakan dengan cara-cara yang baik dan benar," tutur Erzaldi.

Senada, Plt Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Amri Cahyadi meminta PT Timah untuk serius membantu merealisasikan pembagian royalti dan kepemilikan saham bagi Pemprov Bangka Belitung.

"Tidaklah salah dan berlebihan, kiranya dalam kesempatan ini, izinkan kami menyampaikan kepada salah satu BUMN kebanggaan kami, PT. Timah dapat serius untuk membantu negeri ini, untuk membantu rakyat sejahtera, untuk membantu realisasi pembagian royalti untuk negeri ini dan merealisasikan kepemilikan saham PT. Timah bagi pemerintah daerah," tukas Amri.(fiz/wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL