Besok KPU Babar Mulai Lipat Surat Suara, 50 Masyarakat Dilibatkan

Chairul Aprizal    •    Kamis, 26 November 2020 | 13:20 WIB
Pilkada
Caption: Ketua KPU Bangka Barat, Pardi. (rul/wb)
Caption: Ketua KPU Bangka Barat, Pardi. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat akan mulai melakukan pelipatan surat suara yang akan melibatkan sekitar 50 orang masyarakat pada Jumat (27/11/2020).

Ketua KPU Bangka Barat, Pardi mengatakan, 
akan melibatkan masyarakat dan sekarang sudah perifikasi terutama dari segi usia harus mencukupi umur karena usia yang paling penting.

"Kami juga melibatkan tenaga pendukung  untuk melakukan penghitungan dan penyortiran dari KPU nanti ada lima orang sampai sepuluh orang khusus untuk mensortir," ujar Pardi, Kamis (26/11/2020).

Menurut Pardi, KPU telah mengganggarkan upah masyarakat yang melipat surat suara sebesar Rp 150 per lembar surat suara dan setelah dilipat langsung dilakukan pengepakan.

"Target kami selesai dua hari kalau bisa besok kita kejar sehari dari pagi sampai sore. Kalau melihat bentuk surat suara yang kecil hanya 21 kali 27 senti jadi lipatnya hanya 3 kali keatas sekali dan kiri kanan tidak seperti Pileg," sambungnya.

Jika ditemukan surat suara yang rusak dan kurang, pihaknya akan mengganti  maupun mencetak ulang yang disesuaikan dengan kebutuhan KPU. Kebutuhannya KPU surat suara sebanyak 137.794 lembar sudah termasuk dengan tambahan 2,5 persen.

"Karena dari sana itu pas surat suara, mereka enggak berani nyetak lebih hal ini terkait dengan keamanan surat suara jangan sampai lebih jadi kita minta segitu ya segitulah," ungkapnya.

Pardi mengatakan tenaga masyarakat yang dilibatkan sebanyak 50 orang yang mayoritasnya perempuan hanya lima orang petugas pelipatan laki-laki sehingga bagian pengamanan diminta Polwan untuk mengawal. (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL