Surat Suara KPU Bangka Barat Banyak yang Rusak

Chairul Aprizal    •    Jumat, 27 November 2020 | 17:11 WIB
Pilkada
Caption: Proses pelipatan surat suara di KPU Bangka Barat, Jumat (27/11/2020). (rul/wb)
Caption: Proses pelipatan surat suara di KPU Bangka Barat, Jumat (27/11/2020). (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com  -- Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Pardi menyampaikan banyak surat suara yang rusak. Padahal proses pelipatan dan penyortiran baru saja dimulai, Jumat (27/8/2020).

"Banyak ditemukan yang rusak, mungkin sudah ada sekitar 50 lembar, dengan berbagai macam variasi mulai ada cacat cetak misalnya gambarnya terlalu tebal atau terlalu tipis, kemudian ada yang sobek dibagian tengah atau bagian ujung ada beberapa kriteria," ucap Pardi, Jumat (27/11/2020).

Pardi menyebutkan dari 50 orang petugas yang dilibatkan hanya ada 40 orang masyarakat Muntok yang hadir dalam pelipatan surat suara dan sisanya 10 orang tidak hadir.

"Kegiatan kita hari ini adalah sortir dan pelipatan surat suara kita melibatkan sekitar 40 orang karena ada beberapa yang tidak hadir," ucap Pardi.

Menurutnya, jika tidak ada halangan pelipatan akan dilakukan selama dua hari dan cara pelipatannya pun sederhana karena surat suara terbilang berukuran kecil.

Kegiatan pelipatan juga sempat dipantau oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, Edi Irawan yang menyampaikan kedatangannya untuk memastikan logistik untuk Pilkada itu semua dalam keadaan baik.

"Terus kita berharap tidak ada hal-hal yang menyebabkan dari logistik penyelenggara Pilkada itu yang mengakibatkan terhambatnya tahapan pungut hitung pada hari H nanti," jelasnya.

Edi mengungkapkan bahwa di empat Kabupaten yang menggelar Pilkada serentak 2020 semuanya sudah melakukan sortir dan pelipatan surat suara. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL