Segera Praktikan, Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Obesitas

Tim_Wow    •    Sabtu, 28 November 2020 | 16:30 WIB
Sport
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Olahraga secara rutin terkadang sangat sulit dilakukan, apalagi bagi mereka yang mengalami obesitas atau kegemukan. Beban yang berat, sulit menjaga keseimbangan, hingga masalah sendi adalah beberapa masalah yang kerap dialami penderita obesitas ketika berolahraga.

Namun demikian olahraga sangat penting bagi kesehatna badan lantaran bisa menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan.

Bagi mereka yang mengalami obesitas harus memilih olahraga tertentu sehingga tidak terlalu berat dan melelahkan, setidaknya ada lima bentuk olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita obesitas agar tetap bugar dan menurunkan berat badan secara perlahan.


Berjalan Kaki

Olahraga ini terbilang membutuhkan peralatan yang sangat sedikit dan dapat dengan mudah dilakukan dimana saja. Berjalan kaki adalah aktivitas fisik berdampak rendah, meningkatkan kekuatan dan mobilitas di tubuh bagian bawah. Tak hanya itu olahraga ini bisa membakar kalori cukup banyak lantaran mengerahkan energi untuk bergerak.

Bagi pemula bisa dimulai dengan durasi waktu 10 hingga 15 menit per hari, dan selanjutnya mulai meningkatkan durasi hingga 30 menit atau bisa lebih. Sebagai awal tak perlu memperhatikan kecepatan langkah, lantaran harus membiasakan diri terlebih dahulu.


Aqua Jogging

Ini sangat cocok untuk mereka yang mengalami nyeri sendi atau kesulitan bergerak. Ini bisa juga bisa dilakukan oleh siapa pun, aqua jogging hanya perlu dilakukan dengan berjalan di air menggunakan bantuan sabuk apung.

Semua manfaat dari berlari atau berjalan tanpa mengalami efek yang tidak baik, seperti sakit lutut atau pinggul, khususnya bagi inpidu dengan masalah persendian. Air akan membantu menopang berat badan sehingga lebih ringan dan terhindar dari nyeri sendi.


Bersepeda Stasioner

Sepeda stasioner atau recumbent bike memiliki sandaran yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk orang dengan tubuh gemuk. Penderita obesitas tidak memiliki inti perut yang kuat, yang membuatnya tidak nyaman dan sulit duduk di atas sepeda pada umumnya.

Dengan bersepeda stasioner tidak menimbulkan stres atau tekanan pada tulang belakang bagian bawah, yang merupakan keluhan umum bagi orang yang dengan berat badan ekstra.


Latihan kekuatan

Bagi mereka yang mengalami obesitas, latihan kekuatan dapat memperbaiki masalah postur tubuh yang mungkin timbul karena adanya beban ekstra pada tubuh. Latihan ini mamp meningkatkan rentang gerak persendian. Sehingga, tubuh juga akan meningkatkan metabolisme saat beristirahat.

Sebagai permulaan, akan lebih baik jika latihan ini di gym dan menyewa pelatih pribadi yang akan membantu mempelajari olahraga ini dan menunjukkan teknik yang akan membantu menjaga bentuk tubuh dalam kondisi yang baik.(bbs/*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL