Danrem: FKUB Miliki Peranan Penting Jaga Kerukunan Umat Beragama

Jurnalis_Warga    •    Minggu, 29 November 2020 | 13:30 WIB
Lokal
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Room Meeting Hotel Grand Mutiara Pangkalpinang, Sabtu (28/11/2020) sekitar 16.15 WIB. (ist)
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Room Meeting Hotel Grand Mutiara Pangkalpinang, Sabtu (28/11/2020) sekitar 16.15 WIB. (ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Room Meeting Hotel Grand Mutiara Pangkalpinang, Sabtu (28/11/2020) sekitar 16.15 WIB.

Rakorda dengan tema "Mari Kita Merajut Kerukunan Menuju Bangka Belitung Yang Berkah Berkemajuan dan Berkeadilan" dipimpin langsung Ketua FKUB Provinsi Bangka Belitung, Dr Subuh Wibisono dan diikuti 30 Orang pengurus FKUB se-Bangka Belitung.

Subuh Wibisono dalam sambutanya mengatakan, Rakorda yang diselenggarakan selain menjalankan agenda FKUB, juga dalam rangka evaluasi tupoksi FKUB sebagai mitra pemerintah dalam upaya menyikapi permasalahan yang sedang berkembang yang dapat berimbas terhadap kondusivitas antar umat beragama khususnya di Provinsi Bangka Belitung.

"FKUB tidak akan mampu menyelesaikan masalah tanpa sinergitas yang kuat dengan masyarakat dan stake holder terkait," kata Subuh Wibisono.

Dengan demikian, tambah Subuh Wibisono  kerukunan antar umat menjadi modal utama untuk terciptanya kerukunan yang berkah, berkemajuan dan berkeadilan. Pihaknya siap berkomitmen serta bersinergi dalam menjaga kondusivitas di Bangka Belitung.

Karo Kesra Setda Pemprov Bangka Belitung, H Saimi menyampaikan, FKUB merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi pemerintah dalam membangun dan memelihara serta memberdayakan umat beragama dengan tujuan terciptanya sinkronisasi serta komunikasi guna terciptanya toleransi yang baik antar pemeluk agama.

Melalui Rakorda ini diharapkan seluruh pengurus FKUB menghasilkan kesepakatan yang strategis dalam meningkatkan kualitas serta memantapkan peran keberadaan FKUB di Bangka Belitung.

"Selain itu, dengan adanya Pilkada di empat kabupaten diharapkan toga yang bergabung di FKUB dapat ikut andil besar dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2020 di Babel," harapnya.

Sementara itu Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto, S.I.P., M.Tr.(Han)  mengatakan FKUB mempunyai peranan penting dalam menjaga kerukunan umat beragama di Bangka Belitung.

"Keberagaman adalah suatu keniscayaan bagi bangsa Indonesia, hal ini menjadikan FKUB mempunyai peranan strategis dalam menjaga kerukunan umat guna tetap tegaknya kedaulatan NKRI," tegas Danrem.(ril/*) 



MEDSOS WOWBABEL