Daun Tanaman Liar Ini Mampu Atasi Jerawat Hingga Masalah Penuaan

Tim_Wow    •    Senin, 30 November 2020 | 13:51 WIB
Hiburan
Daun Tanaman Pegagan.(net)
Daun Tanaman Pegagan.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com --Tanaman liar yakni  Daun Pegagan atau dengan nama latin Centella Asiatica  sering kali ditemukan di tepi jalan, perkebunan, hingga pematang sawah. Tanaman liar ini tumbuh di negara Asia seperti Tiongkok, Jepang, India, maupun Indonesia.

Ternyata tanaman liar ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Tak heran daun tanaman liar ini ada di dalam kandungan suatu produk skincare ternama. Ini beberapa manfaat dari daun pegagan untuk kecantikan:

Mencegah Munculnya Jerawat

Rebusan Daun Pegagan mengatasi jerawat akan tambah parah. Daun pegagan yang dihaluskan pun dapat digunakan sebagai masker wajah alami.

Noda bekas jerawat dan jerawat mampu dihilangkan dengan masker Daun Pegagan dan air rebusanya, diminum secara rutin.

Tak hanya mengatasi masalah jerawat, daun ini juga bisa membuat kulit wajah  tambah glowing dan sehat dengan cara meningkatkan produksi kolagen pada kulit Anda. 

Ternyata daun tanaman liar ini mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu meradakan radang pada jerawat, menghidrasi kulit dan menyembuhkan jerawat. 

Obat Penumbuh Rambut

Daun tanaman liar, daun pegagan mampu mengatasi permasalahan rambut. Daun ini memiliki nutrisi yang baik untuk kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

 Selain dijadikan teh untuk dikonsumsi, air rebusan dari daun pegagan dapat digunakan langsung untuk memijat kulit kepala. Setelah menggunakan daun pegagan, maka rambut akan tumbuh kembali dengan subur dan sehat karena sirkulasi darah di sekitar kepala membaik dan akar rambut menjadi lebih kuat.

 Menyamarkan Stretch Marks

Stretch marks atau yang lebih dikenal sebagai guratan merah seperti nadi dengan panjang beberapa milimeter hingga sentimeter yang muncul karena adanya peregangan kulit secara berlebihan dapat disamarkan kemunculannya menggunakan tanaman ini. 

Produksi kolagen yang ada di dalam tubuh juga dapat dibantu peningkatannya oleh senyawa terpenoid yang terkandung dalam daun pegagan. Bahkan tidak hanya itu, senyawa tersebut juga mampu membantu untuk mencegah kemunculan stretch marks yang baru. 

Antipenuaan

Produksi kolagen alami di dalam tubuh akan semakin berkurang, ketika umur semakin bertambah. Padahal elastisitas pada kulit terutama wajah dan leher sangatlah bergantung, pada kolagen yang menjadi protein penting untuk menajga elastisitas tersebut. Bahkan daun pegagan juga mampu secara efektif untuk membantu memproduksi kolagen alami di dalam tubuh.(bbs/*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL