Pilkada Bangka Barat 2020: Bawaslu Sebut KPU Babar Kurang 789 Surat Suara

Chairul Aprizal    •    Selasa, 01 Desember 2020 | 13:43 WIB
Pilkada
Caption: Contoh surat suara yang rusak. (rul/wb)
Caption: Contoh surat suara yang rusak. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com --  KPU Bangka Barat masih kekurangan sebanyak 789 lembar  surat suara untuk pilkada Bangka Barat yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

Kekurangan surat suara ini lantaran banyak surat suara yang rusak yang ditemukan pada saat pelipatan dan penyortiran surat suara pada 27-28 November lalu. 

Koordinator Bidang Pengawasan Humas dan Hubal Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Ekariva Anas Asmara menyampaikan hasil pelipatan Surat Suara dengan jajaran KPU kemarin ada sebanyak tujuh Kelompok yang dibentuk oleh KPU Kabupaten Bangka Barat.

Masyarakat yang terlibat dalam pelipatan suara ini sebanyak 41 orang. Berkurang dari sebelumnya 51 orang, namun tujuh orang tidak hadir. Sedangkan surat suara yang sudah dilipat sebanyak 69 koli dari 70 koli, menyisakan satu koli yang belum dilipat. 

Anas mengatakan, surat suara yang layak sebanyak 137.189 lembar,  sedangkan surat suara yang rusak sebanyak 545 lembar.

"Setelah dilakukan sortir itu tidak semuanya dalam satu dus. Satu dus itu isi 2000, ada yang lebih dan ada yang kurang seharusnya kan dalam satu dus itu 2000 tulisannya di quantity itu setelah dilakukan penyortiran itu tidak semuanya sesuai, tidak sesuai dengan yang dipesan," ungkap Anas.

"Jumlahnya itu ada 138.106 total seluruhnya. kalau yang rusak itu murni dari percetakan seperti gradasi warna pada gambar, ada yang tidak berwarna dia hanya hitam putih, kemudian tembus kebelakang," ujarnya.

Anas menyebutkan tidak  ditemukan kecurangan surat suara seperti sudah tercoblos atau semacamnya, hanya saja kerusakan karena hasil percetakan.

"Kebutuhannya masih kurang 789 surat suara yang kurang, karena tidak semua satu kotak 2.000 isinya iya jumlahnya ada yang tidak sesuai dengan yang dipesan," ujarnya.

Bawaslu sudah menghimbau KPU Kabupaten Bangka Barat untuk segera memesan surat suara yang kurang secepatnya paling lambat tanggal 5 Desember semua sudah siap semua logistik.

"Mengingat waktu, kalau informasi dari KPU untuk pengepakan ke dalam kotak suara itu di tanggal 6, minimal di tanggal 5 itu sudah tersedia semua perlengkapan untuk di TPS karena ketika sampai juga kita melakukan sortir lagikan," tutupnya. (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL