Kurang Eksis di Kalangan UMKM, Apa Kabar SAK ETAP

Jurnalis_Warga    •    Rabu, 02 Desember 2020 | 16:07 WIB
Opini
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

Oleh: Berkati Sitorus, Mahasiswi Jurusan Akuntansi Universitas Bangka Belitung


SADAR atau tidak sadar Standar Akuntansi Keuangan berbasis ETAP ini kurang eksis dikalangan UMKM? Mengapa ya? Sebelum jauh kesitu, mari lebih baik kita mngetahui apa itu SAK ETAP dan apa itu UMKM.

SAK-ETAP adalah Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Standar ini dipakai oleh entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik yang signifikan,sehingga entitas (perusahaan--red) dimaksud menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum bagi pengguna eksternal (Ikatan Akuntansi Indonesia).

Usaha Mikro,Kecil,dan Menengah adalah salah satu sektor yang sangat berperan penting dalam laju pertumbuhan ekonomi indonesia. Peraturan Menteri Koperasi dan UMKM mewajibkan semua UMKM untuk menyelenggarakan laporan keuangan,karena tujuan laporan keuangan ini dapat dimanfaatkan oleh pihak internal maupun eksternal.

Sebagai salah satu yang berperan dalam laju pertumbuhan ekonomi diIndonesia, banyak hal yang harus dicapai dan dikerjakan oleh setiap UMKM yakni salah satunya Pencatatan dan Pelaporan keuangannya. Berdasarkan data dari BPS jumlah UMKM di Indonesia pada tahun 2020 mencapai angka 64 juta. Dan ini jumlah yang sangat fantastis, maka tidak heran jika UMKM dianggap menjadi salah satu penggerak penting dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. 

Namun sangat disayangkan, ternyata 80 persen UMKM belum mampu menyusun laporan keuangan,dan walaupun hadirnya SAK ETAP ingin mempermudah UMKM dalam melakukan pelaporan keuangannya, ternyata masih kurang diimplementasikan oleh UMKM itu sendiri.

Banyak hal yang mempengaruhi kurang eksisnya Pencatatan dan Pelaporan Keuangan berbasis SAK ETAP, diantaranya masih kurangnya pemahaman pelaku UMKM terhadap penting adanya Pencatatan dan Pelaporan keuangan pada Usahanya, kurangnya pengetahuan mengenai banyaknya keuntungan dari Pelaporan keuangan, seperti kejelasan modal dan keuntungan dan menarik investor yang ingin berinvestasi.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL