Masyrarakat Minta Aktivitas Tambang Ilegal Marbuk dan Pungguk Dihentikan

Herdian wow    •    Senin, 07 Desember 2020 | 09:40 WIB
Lokal
Caption: Ilustrasi penambangan ilegal. (dok/wb)
Caption: Ilustrasi penambangan ilegal. (dok/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Masyarakat Berok diresahkan oleh aktivitas tambang ilegal yang berada di belakang pasar tradisional Kota Koba. Dimana puluhan ponton beroperasi siang dan malam tanpa ada rasa khawatir ataupun takut terciduk oleh aparat penegak hukum.

"Aktivitas tambang ilegal ini sudah sering kali kami laporkan kepada pihak Lurah dan sampai ke pihak kepolisian namun sampai saat ini tidak ada tindakan tegas dari aparat terhadap para pemilik ponton," ujar satu diantara perwakilan RT dan Kalin, Haji Ikron  Minggu, (6/12/2020).

Ia melanjutkan, masyarakat Kelurahan Berok menolak aktivitas tersebut dan minta untuk segera dihentikan dan jangan sampai kesabaran warga hilang sehingga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Pak Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat tolong bantu kami untuk menghentikan aktivitas tambang ilegal tersebut bila perlu tangkap dan proses para pemilik modal agar ada efek jera karena aktivitas tambang ilegal ini sudah sangat meresahkan dan kepada siapa lagi kami masyarakat kecil ini menaruh harapan," ucapnya

Terpisah, Ketua DPD Garda HAMI Babel,  Gunari menegaskan jika aktivitas tambang tersebut meresahkan masyarakat harusnya aparat bertindak dan jangan terkesan tutup mata sehingga dibiarkan terus menerus beraktivitas.

"Lokasi tambangnya tidak jauh dari Mapolsek dan Danramil Koba masa tidak ada satupun tindakan yang dilakukan oleh aparat setempat dan tidak mungkin mereka tidak mengetahui aktivitas tambang ilegal tersebut," terangnya

Ia menambahkan, seharusnya aparat bertindak tegas terhadap aktivitas para penambang tersebut dan jangan didiamkan berlarut-larut seolah-olah ada kesan pembiaran.

"Kalau tindakannya hanya sebatas sosialisasi itu sudah seringkali dilakukan. Namun apa yang terjadi justru bukan berhenti tapi malah semakin berani dan masyarakat menaruh harapan kepada para aparat untuk bertindak tegas jangan terlihat seperti tidak berdaya menghadapi para pemilik modal dan penambang," tegasnya

"Kita tunggu dan lihat tindakan apa yang dilakukan oleh aparat kepolisian baik Polsek maupun Polres Bateng dalam menyelesaikan tambang ilegal tersebut," sambungnya. (her/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL