Posisi Singapura Tujuan Ekspor Timah Babel Belum Tergeser

Tim_Wow    •    Senin, 07 Desember 2020 | 16:09 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Negara Singapura masih menjadi tujuan utama ekspor timah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Negara Singapura ini belum tergeser dari lima negara tujuan ekspor timah Bangka Belitung tahun 2020.

“Singapura masih menjadi  tujuan utama ekspor timah. Sekitar 18,99 persen ekspor timah pada Januari-Oktober 2020 dikirim ke Singapura,” kata Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kpeulauan Bangka Belitung pekan lalu dalam acara speakup wobabel.com.  

Jika dibanding Januari-Oktober 2019, ekspor timah ke Singapura pada tahun 2020 turun sekitar 69,43 persen. India, Tiongkok, Korea Selatan, dan Amerika Serikat berada dalam lima negara tujuan utama ekspor timah pada Januari-Oktober 2020.

Peran keempat negara berkisar antara 10,39 persen hingga 14,75 persen. “Maka, lima negara utama tujuan ekspor timah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berperan sebesar 71,04 persen,” tukas Dwi Retno.

Dia menjelaskan timah dalam PDRB (Produk Domistik Regional Bruto) masuk dalam dua lapangan, Ke sektor  pertambangan kalau menghaislkan bijih timah, dari bijih timah diolah menjadi logam timah dan diekspor masuknya ke sektor industri pengolhan.

“Untuk komoditas ekspor di Babel, balok timah masih menjadi utama sedangkan ekspor nontimah Provinsi Babel  Januari-Oktober 2020 didominasi oleh lemak dan minyak hewan atau nabati (HS 15),” kata Dwi Retno.

Nilai ekspor lemak dan  minyak hewan atau nabati Babel akumulasi hingga Oktober 2020 menjadi US 124,5 juta dolar atau 75,05 persen dari jumlah ekspor nontimah sementara ekspor komoditas lada hanya 3 persen.

“Nilai ini naik 17,80 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu, nilai ikan dan udang (HS 03) dan berbagai produk kimia (HS 38) masing-masing juga mengalami kenaikan 72,37 persen dan 45,85 persen. Sementara ekspor lada Babel hanya berkontribusi sekitar 3 persen dan total kenaikan ekspor nontimah,” tukas Dwi Retno Wilujeng dalam acara speak up yang dipandu Muri Setiawan.(*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL