Belasan TPS di Bangka Selatan Ambruk Diterjang Angin Kencang

Aston    •    Rabu, 09 Desember 2020 | 05:14 WIB
Pilkada
KPU dan Bawaslu Bangka Selatan memantau perbaikan TPS yang ambruk dan roboh di Kecamatan Toboali, Rabu (9/12/2020) dinihari.(as/wb)
KPU dan Bawaslu Bangka Selatan memantau perbaikan TPS yang ambruk dan roboh di Kecamatan Toboali, Rabu (9/12/2020) dinihari.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com --  Akibat hujan disertai angin kencang yang melanda sebagian Wilayah Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (8/12/2020) malam, sedikitnya ada belasan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilaporkan rusak. 

Komisioner KPU Bangka Selatan, Muhidin mengatakan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan petugas di seluruh kecamatan terkait laporan TPS rusak akibat diterjang angin. 

"Sejauh ini sudah ada lima kecamatan yang menyampaikan laporan, dua kecamatan yakni Kepulauan Pongok dan Payung aman, sementara tiga kecamatan ada laporan TPS rusak yakni Kecamatan Toboali, Kecamatan Simbang Rimba dan Tukak Sadai," ungkap Muhidin kepada wartawan disela melakukan pemantauan TPS yang roboh di Toboali, Rabu (9/12/2020) dinihari.

Ia mengungkapkan, TPS rusak di Kecamatan Simpang Rimba terjadi di Desa Permis sebanyak 5 TPS dan Desa Sebagin 1 TPS. Kecamatan Tukak Sadai 2 TPS, dan Kecamatan Toboali sebanyak 8 TPS. 

"Sementara Kecamatan Air Gegas, Kecamatan Lepar Pongok, dan Kecamatan Pulau Besar belum bisa kami hubungi," kata dia. 

Dari belasan TPS rusak tersebut, sebagian mengalami kerusakan berat akibat  diterjang angin, bahkan ada  beberapa yang rata dengan tanah. 

"Kita koordinasi terus dengan kawan-kawan di lapangan agar bisa diperbaiki secepatnya. Khusus dua TPS di Kecamatan Tukak Sadai sudah ada solusi dimana dipindahkan ke dalam ruang kelas sekolah yang tadinya di luar," tuturnya

Hingga Pukul 02.00 WIB Rabu dinihari, Kabupaten Bangka Selatan masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. Jika TPS rusak tidak siap digunakan esok hari, maka akan dilakukan pemilihan lanjutan. 

"Terburuk jika TPS tidak siap maka pemilihan lanjutan tapi kita optimis bisa diperbaiki dan siap digunakan, mudah-mudahan tidak ada lagi angin susulan," tukasnya.(as/wb) 





MEDSOS WOWBABEL