Satgas Penanganan Covid-19 Babel Ingatkan Tetap Jaga Jarak Saat Perhitungan Suara

Dwi H Putra    •    Rabu, 09 Desember 2020 | 14:20 WIB
Pilkada
Caption: Penerapan Protokol Kesehatan di sejumlah TPS. (dwi/wb)
Caption: Penerapan Protokol Kesehatan di sejumlah TPS. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang berlangsung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dimasa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) terbilang aman dan lancar. 

Pelaksanaan pemilihan suara yang diterapkan melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, tampak terealisasi di berbagai wilayah yang melaksanakan pemilihan di Babel diantaranya Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Bangka Barat (Babar), Bangka Selatan (Basel) dan Belitung Timur (Beltim). 

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno, yang turut memantau langsung ke sejumlah daerah. 

"Jadi tim dari provinsi dibantu relawan terbagi di setiap wilayah yang melaksanakan pilkada serentak, tapi pantauan dan pengawasan di lapangan prokes Covid-19 diterapkan dengan baik," kata pria yang akrab disapa ABP, Rabu (9/12/2020). 

"Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) sudah menerapkan prokes dengan baik," ujarnya. 

Lanjutnya di sejumlah daerah, penerapan prokes diikuti oleh masyarakat yang menyampaikan hak suara dengan mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak dengan baik sesuai aturan yang ditetapkan KPPS dan anggotanya. 

Namun, menurut ABP yang menjadi kelemahan dan kerumunan masyarakat dan saksi ketika penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ini yang kami khawatirkan di lapangan, apalagi antusias masyarakat di sejumlah TPS sangat tinggi, ini sulit untuk dibendung," jelas ABP. 

"Kami berharap dan meminta aparatur desa bersama RT dan RW serta Linmas setempat untuk tetap mengimbau dan menekankan masyarakat menjaga jarak dari kerumunan dengan menerapkan prokes Covid-19," pungkasnya. (dwi/wb)





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL