Video Viral Oknum Penyelenggara Pilkada Basel Tertangkap Rusak Surat Suara Adalah Anggota PPS Desa Air Bara

Aston    •    Sabtu, 12 Desember 2020 | 01:49 WIB
Lokal
Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin.(as/wb)
Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com --  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan membenarkan video yang beredar di media sosial facebook terjadi di Pilkada Bangka Selatan tanggal 9 Desember 2020 yang lalu.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin dikonfirmasi mengatakan peristiwa itu terjadi di salah satu TPS di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas, tepatnya di TPS 05. 

Ia mengungkapkan orang yang diamankan oleh seseorang dalam video tersebut adalah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) 05 Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas. 

Ia menuturkan, berdasarkan hasil penelusuran peristiwa tersebut, pihaknya melalui Panwascam telah mengeluarkan rekomendasi kepada PPK Kecamatan Air Gegas untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

"Tadi sore (Jumat--red) panwascam telah mengeluarkan rekomendasi kepada PPK untuk dilakukan PSU di TPS 05 Desa Air Bara karena ditemukan adanya pelanggaran SOP dalam pemungutan dan penghitungan suara," kata Sahirin dikonfirmasi, Sabtu (12/12) dinihari.

Oknum anggota PPS 05 tertangkap tangan diduga melakukan pengerusakan surat suara salah satu pasangan calon saat proses penghitungan surat suara berlangsung.  Video perisitiwa itu diunggah ke media sosial facebook dan ramai ditanggapai warganet.(as/wb) 





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL