Musim Penghujan, Petani Diminta Waspada Serangan Hama Penyakit

Herdian wow    •    Senin, 14 Desember 2020 | 14:51 WIB
Lokal
Caption: Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin. (her/wb)
Caption: Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin. (her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Memasuki musim penghujanan membuat petani harus ekstra melakukan pengendalian terhadap hama penyakit yang dapat menyerang tanamannya. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sajidin yang menyebutkan musim penghujanan kendala dari petani adalah hama penyakit.

"Kendalanya seperti musim penghujan hama penyakitnya terutama tanaman sayuran seperti sawi yang harus rutin kita melakukan semprot untuk pengendalian," ucap Sajidin, Senin (14/12/2020).

Menurutnya, untuk mengatasi masalah hama dan penyakit tanaman disarankan menggunakan pestisida alami merupakan langkah bijak dalam rangka menjaga kesuburan dan kealamian alam.

"Para petani pernah mengeluh terhadap kendala tanaman cabai, karena cabai banyak hama lalat buah. Selain itu juga bawang terkena Fusarium itu harus dikendalikan, tidak selalu mulus tanamannya tetap ada gangguannya," ujarnya.

Mengatasi hal tersebut dirinya mengimbau kepada para petani agar rutin untuk melakukan pengendalian seperti insektisida. Selain itu pengendalian penyakit juga bisa mengunakan Fungisida khususnya untuk bawang merah.

Sementara tanaman padi diakui Sajidin sudah selesai proses penanaman dan belum ada kendala bagi petani.

"Kalau untuk padi yang tersentral di Kecamatan Namang sudah ditanam semua dan Alhamdulillah sekitar 65 hektar, baru tanam dan aman belum ada kendala dari para petani," tukasnya (her/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL