Diduga Terpapar Covid-19, WNA Asal Thailand Meninggal Dunia di RSBT Muntok

Chairul Aprizal    •    Selasa, 15 Desember 2020 | 19:04 WIB
Nasional
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

MUNTOK,www.wowbabel.com  -- Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Thailand berinsial K (58) meninggal dunia lantaran diduga terpapar COVID-19, Selasa (15/12/2020) pagi. WNA tersebut merupakan salah satu kru kapal isap produksi (KIP) yang beroperasi di Perairan Muntok, Bangka Barat.

Sekretaris GTPPC Kabupaten Bangka Barat Sidarta Gautama membenarkan adanya pasien diduga Covid-19, seorang warga Thailand yang bekerja di kapal isap produkdi (KIP) meninggal dunia di RSBT Muntok, Bangka Barat, Selasa (15/12/2020).

Namun dijelaskan Sidarta, hal ini masih diduga terpapar Covid-19 belum bisa diambil langkah untuk melakukan pemakaman sesuai protokol kesehatan lantaran masih menunggu hasil swab.

"Yang meninggal masih menunggu hasil swab di RSBT Muntok langsung ke dokter Yovita," ucap Sidarta Gautama.

Sidarta menuturkan pihaknya belum bisa memakamkan warga Thailand yang meninggal tersebut karena belum dinyatakan Covid-19 sekarang.

"Jadi gini pada prinsipnya biar wartawan semua tahu, satgas dalam hal ini tugasnya hanya memakamkan pasien yang terindikasi Covid-19," tegasnya.

Sidarta menerangkan apabila nanti memang benar warga Thailand tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 maka akan dimakamkan sesuai standar protokol Kesehatan.

"Apakah dia terindikasi atau tidak silakan cek ke RSBT kalau memang positif nanti mereka mengabari saya, sudah itu kita akan makamkan," jelasnya.

Namun jika ternyata tidak terbukti terkonfirmasi positif Covid-19 saat hasil swab maka pihaknya tidak menganggap sebagai pasien Covid-19.

"Ini warga Thailand, warga luar KTP Thailand bekerja di kapal mitra timah kita jadi pemakaman ini sangat bergantung dari hasil diagnosa rumah sakit," imbuhnya.

Direktur RSBT Muntok, dr Yovita, saat dikonfirmasi mengaku belum bisa memberikan keterangan resmi dan masih menunggu hasil swab.

“Tunggu hasil swab saja, karena masih ada instansi di atas saya. Jadi tunggu hasil swab saja,” jawab Yovita melalui pesan singkat.(rul/wb)




MEDSOS WOWBABEL