Rekapitulasi Hasil Pilkada Babar di Tingkat Kecamatan Kelar

Chairul Aprizal    •    Selasa, 15 Desember 2020 | 05:34 WIB
Pilkada
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi.(rul/wb)
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi menyampaikan rekapitulasi hasil di tingkat kecamatan sudah selesai semua dan akan dilanjutkan pada tingkat KPU Kabupaten pada tanggal 16 Desember 2020.

Ditemui di Kantor KPU Kabupaten Bangka Barat oleh wowbabel, Senin (15/12/2020), Harpandi menuturkan rekapitulasi hasil di enam Kecamatan sudah disampaikan ke KPU Bangka Barat. 

"Ada lima kecamatan yang sudah selesai tanggal 11 kemarin, ada 1 Kecamatan tanggal 12 Desember itu Kecamatan Kelapa," imbuh Harpandi.

Harpandi mengatakan selama rekapitulasi hasil di tingkat kecamatan tidak ada saksi-saksi atau panwascam yang menyatakan keberatan dengan hasil rekapitulasi tersebut.

"Artinya berjalan dengan lancar kalaupun memang ada data-data yang kesalahan pengisian itu langsung dikoreksi di tingkat kecamatan. Jadi bukan pada perolehan suara tapi pada administrasi data pilih saja," tuturnya. 

Harpandi menyebutkan untuk rekapitulasi hasil tingkat KPU Kabupaten akan digelar tanggal 16 Desember 2020 di KWP Muntok. Sengaja diberikan jeda beberapa hari saat ini untuk mereview tempat dan administrasi.

"Jadi memang rekapitulasi di tingkatan kabupaten itu kalau sesuai tahapan PKPU 5 itu tanggal 13 sampai 17, adanya jeda ini kita harus menertibkan administrasi, kita harus mempersiapkan tempatnya itu," jelasnya. 

Ditambahkan Harpandi batas waktu rekapitulasi sampai tanggal 17 Desember 2020, dan hanya memiliki kesempatan waktu dua hari yang dipastikan serta wajib harus sudah diselesaikan rekapitulasi hasil di tingkat KPU Kabupaten Bangka Barat.

"Jadi KPU Bangka Barat pada saat rekapitulasi tidak boleh melewati tanggal 17 Desember karena ini sesuai tahapan dipastikan dan harus selesai tanggal 17,"  katanya. 

Harpandi mengungkapkan setelah rekapitulasi hasil maka nanti akan diumumkan hasilnya terutama di web dan situs milik KPU Kabupaten Bangka Barat.

"Untuk penetapan kita masih menunggu tiga hari, itu kalau seandainya ada sengketa pemilu, adapun penetapan nanti ada jadwal lagi," tukasnya.(rul/wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL