Partisipasi Pemilih di Pilkada Bateng 2020 Capai 76,71 Persen

Herdian wow    •    Jumat, 18 Desember 2020 | 11:10 WIB
Pilkada
Caption: Bawaslu Bangka Tengah. (her/wb)
Caption: Bawaslu Bangka Tengah. (her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah (Bawaslu Bateng) mengakui saat situasi Pandemi Covid-19 tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi dan ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Pilkada masih tinggi.

Ketua Bawaslu Bateng, Robianto mengapresiasi pihak KPU Bateng karena berhasil meningkatkan partisipasi pemilih sehingga Pilkada Bateng 2020  dengan tingkat partisipasi 76,17 persen. Tingkat partisipasi ini tertinggi sejak tahun 2005. 

"Saya ucapkan selamat kepada KPU Bateng yang berhasil meningkatkan partisipasi pemilih, semakin tinggi partisipasi maka legitimasinya semakin kuat," ucap Robianto, Jumat (18/12/2020).

Menurutnya, keberhasilan KPU Bateng  meningkatkan partisipasi pemilih tidak lepas dari peran serta media massa maupun elektronik yang berhasil menyajikan informasi kepada masyarakat secara menyeluruh, sehingga masyarakat terpanggil untuk datang ke TPS dan tidak takut meski di tengah pandemi covid-19.

"Dengan informasi yang lengkap tentang amannya TPS, serta pentingnya suara mereka, masyarakat jadi berani datang untuk menyalurkan hak konstitusionalnya, meski saat ini dalam masa pandemi covid-19," tuturnya.

Robianto mengungkapkan bahwa tidak ada penggunaan bilik khusus pada pelaksanaan Pilkada Bateng Tahun 2020, ia mengaku bahwa pihaknya telah meninjau TPS-TPS sebelum pelaksanaan pemungutan suara, dan menurutnya semua TPS sudah memenuhi standar yang ditetapkan.

"Kondisi keamanan juga sangat kondusif saat pungut hitung dan pasca pungut hitung, ini juga tak lepas dari peran media yang menyajikan berita yang proporsional nan sejuk," ungkapnya.

Robianto juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada kedua paslon di Pilkada Bateng Tahun 2020 yang sangat dewasa dalam berpolitik, mengedepankan sikap santun yang menjaga kondusifitas, menghargai masing-masing Paslon dengan bersikap legowo, serta tidak ada arak-arakan dan konvoi.

"Kami juga menghargai kedua paslon yang sudah saling legowo pasca pungut hitung, kepada kedua paslon kami ucapkan terimakasih atas peran aktif mengedepankan sikap santun yang menjaga kondusifitas pasca pungut hitung," pungkasnya.

Menurutnya, Kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tidak terlepas dari peran serta stakeholder, pihak penyelenggara dan media massa yang ikut memberikan informasi yang menyejukkan sehingga jalannya Pilkada aman dan sukses. (her/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL