Catatan Pilkada Basel 2020: Politik Dinasti dan 10 Fakta Menarik

Aston    •    Kamis, 24 Desember 2020 | 20:39 WIB
Pilkada
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Pesta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah usai. Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih tinggal menunggu waktu untuk ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Di Bumi Junjung Besaoh, duet Riza Herdavid-Debby Vita Dewi keluar sebagai pemenang kontestasi. Kemenangan duet ini sekaligus menumbuhkan politik dinasti di Bangka Selatan. 

Di media sosial, politik dinasti memang mewarnai isu politik Pilkada Serentak 2020 di Bangka Selatan. Bapak ke anak suami ke istri, jadi buah bibir warganet dan juga hangat diperbincangkan di dunia nyata. Tak ayal banyak yang menduga Pilkada Basel menjadi ajang percaturan politik dinasti.

Terdapat dua calon yang masuk papan percaturan politik dinasti, yaitu Aditya Rizki Pradana yang merupakan putra kandung Bupati Justiar Noer dan Debby Vita Dewi istri dari mantan Bupati Periode 2010-2015, Jamro.

Kendati hanya pedamping (Wakil Bupati--red), Debby bersama pasangannya Riza berhasil menang dengan mulus meraup 40.345 suara. Aditya harus mengakui pesaingnya bahkan kekalahan cukup tragis hanya mampu menyodok diurutan tiga dengan perolehan 19.788 suara. 

Kemenangan Debby sekaligus menjadi fakta menarik, yang mana sejak pemilihan langsung 2005, Pilkada Basel 2020 dimenangkan calon dari politik dinasti sekaligus bisa dikatakan mulai tumbuhnya politik dinasti di Negeri Junjung Besaoh, Bangka Selatan. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL