Dua Orang Laki-laki di Beltim Terpapar Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri

Tim_Wow    •    Jumat, 25 Desember 2020 | 22:10 WIB
Nasional
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

MANGGAR, www.wowbabel.com – Dua warga Kabupaten  Belitung Timur, Jumat (25/12/2020) dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Keduanya berinisial TK (54) berjensi kelamin laki-laki dan Y (68) yang juga berjenis kelamin laki-laki. Mereka dinyatakan positif setelah melakukan uji swab pada tanggal 16 Desember 2020 dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 24 dan 25 Desember 2020.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Pemkab Belitung Timur, TK adalah karyawan swasta, warga Desa Pembaharuan Kecamatan Kelapa Kampit. 

“Pasien ini adalah suami dari pasien positif Covid-19 atas nama Nyonya N. Saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata Sekda Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi, dalam rilisnya, Jumat (25/12/2020).

Sedangkan pasien dengan inisial Y menjalani perawatan di RSUD Belitung Timur lantaran mengalami gejala sesak, batuk dan demam serta ada riwayat penyakit Comorbid. Setelah sembuh dari gejala sesak, batuk dan demam, pasien ini sudah pulang ke rumah dan melakukan isolasi mandiri di rumah. 

“Tuan Y beralamat di Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar. Kedua pasien positif Covid-19 tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah,”  imbuh Ikhwan.

Ditambahkan Ikhwan, saat ini masih ada 18 sample swab yang masih dalam proses pemeriksaan dan ke-18 (Delapan Belas) orang tersebut sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Dengan bertambahnya dua orang pasien terkonfirmasi ini, maka di Kabupaten Belitung Timur jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini berjumlah 29 orang,” terang Ikhwan.

Dijelaskan Ikhwan dari 29 orang tersebut 27 orang sudah dinyatakan sembuh dan dua orang masih menjalani isolasi mandiri yaitu, TK dan  Y. 

“Perlu kami informasikan juga bahwa Nyonya N, yaitu istri dari TK saat ini sudah dinyatakan sembuh,” ujar Ikhwan.

Ikhwan mengingatakan bagi siapa saja yang pernah kontak dengan pasien Positif Covid-19 tersebut diharapkan segera melaporkan diri ke Dinas Kesehatan, PengendalianPenduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur atau pusatlayanan kesehatan masyarakat lainnya. 

“Keterbukaan dan kejujuran diri sangatlah penting sehingga nantinya akan mudah mendeteksi orang-orang yang pernah berinteraksi dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” imbau Ikhwan.

Ikhwan mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belitung Timur agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan dimanapun  berada diantaranya untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, jaga jarak dan jauhi tempat keramaian serta makan makanan yang sehat dan bergizi. 

“Kedisiplinan mentaati protokol kesehatan adalah hal utama dalam usaha menjaga diri agar terhindar dari virus Covid-19 ini, karena setiap orang tidak memiliki kekebalan tubuh yang sama, jagalah diri dan keluarga anda,” tukas Ikhwan.(wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL