ABP: Angkat Covid-19 di Babel Naik Signifikan

Tabel perkembangan jumlah kumulatif pasien terpapar covid-19 di Bangka Belitung.(ist)
Tabel perkembangan jumlah kumulatif pasien terpapar covid-19 di Bangka Belitung.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melonjak. Terdata, sebanyak 61 orang dinyatakan positif Covid-19, Senin (28/12/2020).

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Babel, Andi Budi Prayitno detail sebaran kasus terbaru Covid-19 di Bangka Belitung, diantaranya Kota Pangkalpinang bertambah 21 orang, Kabupaten Bangka bertambah 18 orang, Kabupaten Bangka Tengah bertambah enam orang, Kabupaten Bangka Barat bertambah enam orang, Kabupaten Belitung bertambah empat orang, dan Kabupaten Belitung Timur bertambah enam orang.

"Satu minggu ini terhadap 420 orang yang terpapar dan dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, naik sangat signifikan dibandingkan minggu sebelumnya,” ungkap Andi Budi Prayitno, Senin (28/12/2020) malam.

Menurutnya situasi tersebut menandai bahwa kasus Covid-19 di Bangka Belitung dalam 5 bulan terakhir terus mengalami lonjakan orang yang terinfeksi atau terpapar Covid-19, terutama pada klaster perkantoran, klaster perkebunan, klaster keluarga, klaster fasilitas pelayanan kesehatan, klaster keluarga, klaster perumahan, klaster pesantren, klaster perkumpulan, dan klaster panti asuhan, serta terbaru klaster kampung.

Sementara itu, ia mengatakan tingkat pulih atau bebas dari Covid-19 dan selesai isolasi orang yang terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami sedikit penurunan yakni 74,37%. Dengan demikian orang yang masih atau sedang dalam perawatan dan penanganan saat ini naik yakni 24,13%.

"Dengan 43 orang yang selesai menjalani isolasi, maka persentase tingkat orang yang selesai isolasi dan dinyatakan sehat dari covid-19 di Provinsi Bangka Belitung dibandingkan dengan kemarin mengalami sedikit penurunan yakni berada di angka 74,37 persen," ujarnya.

ABP menambahkan rata-rata orang yang selesai isolasi dan dinyatakan bebas dari Covid-19 dalam 1 minggu terakhir yakni 33+  (2,26%).  Dan rata-rata  orang yang dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 dalam 1 minggu terakhir ialah 54+ (2,83%).

"Untuk itu perlu digarisbawahi bahwa penanganan Covid-19 adalah kerja dan tanggung jawab kita bersama. Karenanya, penanggulangan bencana nonalam ini musti dilakukan dengan saling bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi. Tanpa itu, upaya dalam mengatasi pandemi ini tidak akan berhasil dan maksimal," tuaksnya.(fiz/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL