Akhirnya Pemkab Bangka Miliki Alat PCR

Dwi H Putra    •    Sabtu, 02 Januari 2021 | 19:57 WIB
Lokal
Caption: Alat PCR di RSUD Depati Bahrin, Sungailiat. (dwi/wb)
Caption: Alat PCR di RSUD Depati Bahrin, Sungailiat. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akhirnya menerima bantuan peralatan Polymerace Chain Reaction (PCR) lengkap dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), setelah berkoordinasi dengan BPBD Babel beberapa waktu lalu untuk mengajukan bantuan tersebut.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Bangka, Boy Yandra, mengatakan selama ini Satgas Percepatan Penanganan Covif-19 Bangka mengirimkan sampel swab ke UPT Laboratorium Provinsi Babel untuk mengetahui hasil pemeriksaan pasien atau warga yang diduga terkonfirmasi positif.

"Dengan adanya peralatan PCR ini, lebih mempermudah dan mempercepat penanganan Covid-19 di Bangka," kata Boy Yandra di Sungailiat, Sabtu (2/1/2021).

Pihaknya saat ini masih menunggu tim dari BNPB guna mengoperasikan peralatan PCR tersebut, kemudian dilanjutkan denganĀ  sumber daya manusia (SDM) yang ada di RSUD Depati Bahrin Sungailiat.

"Kami masih menunggu tim dari BNPB, laboratorium dan SDM di RSUD sudah siap untuk melanjutkan pemeriksaan berikutnya," jelas Boy Yandra.

"Selama ini setiap sampel swab yang dikirimkan ke UPT Laboratorium Provinsi Babel selalu menunggu lama yakni seminggu, hal itu wajar karena harus melakukan pemeriksaan sampel dari berbagai daerah di Babel," paparnya.

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka mengucapkan terima kasih kepada BPBD Babel dan BNPB yang sudah membantu peralatan PCR tersebut, dengan harapan pemeriksaan sampel swab dapat diketahui lebih cepat.

"Terima kasih atas bantuannya, semoga penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangka lebih cepat terselesaikan dengan diketahui hasil sampel dalam satu hari," pungkas Boy Yandra. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL