Masa Depan Politisi Tionghoa di Bumi Serumpun Sebalai: Layu Sebelum Berkembang (2)

Ranto (Peneliti Demokrasi dan Pemilu di Ranto Research and Consulting).(ist)
Ranto (Peneliti Demokrasi dan Pemilu di Ranto Research and Consulting).(ist)

Oleh: Ranto (Peneliti Demokrasi dan Pemilu di Ranto Research and Consulting)


Seperti janji kemarin. Kali ini saya yang menghubungi seorang sahabat lama di Kota Manado. Tentu saja kisah tentang perjalanan politik minoritas di Indonesia masih menjadi tema obrolan kami berdua. Dan, saya masih melanjutkan pengalaman politisi Tionghoa dalam memperebutkan jabatan politik di arena eksekutif lokal semisal untuk jabatan Bupati.

Berdasarkan catatan politik yang saya miliki di bulan Juni yang lalu, penerimaan masyarakat di Bangka Barat yang bersediadipimimpinoleh politisi etnis tionghoa di 36,4%. Artinya, mayoritas masyarakat terdiri dari 48,6% mengaku belum berkenan ketika dipimpin oleh kelompok minoritas yang ada di daerahnya. Sedangkan 12,7% tidak memberikan jawabannya. Sisanya sejumlah 2,3% tidak ingin mengomentari hal tersebut.

Informasi ini baru menunjukkan kesediaan publik jika dipimimpin non muslim beretnis Tionghoa seperti ketika penelitian sedang dilakukan. Selanjutnya, bagaimana dengan pencalonan kembali Markus dalam kompetisi politik di Pilkada 2020 pada bulan Desember kemarin. Apakah publik di Tanah Sejiran Setason cukup merespon positif, atau malah menolaknya. 

Sebanyak 45,5% pemilih di Bangka Barat mengaku tidak bersedia mendukung calon bupati non muslim ketika itu. Yang menjawab bersedia untuk memberikan dukungan politiknya kepada politisi non muslim hanya 35,9%. Berikutnya, 16,1% belum menentukan pilihan. Dan, 2,5% merahasiakan jawabannya. 

Selanjutnya, kalau saja ada politisi Tionghoa yang mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati masyarakat Bangka Barat sebanyak 41,8% mengaku bersedia untuk memberikan dukungannya. Sedangkan publik yang menolak pencalonan politisi Tionghoa untuk wakil bupati 40,7%. Yang belum menentukan pilihannya ada di angka 15%. Terakhir, yang masih merahasiakan jawabannya hanya 2,5%.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL