Stok Kedelai di Pangkalpinang Cukup, Tapi Harga Masih Tinggi

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon memastikan pasokan kacang kedelai kini masih stabil. Hal itu sebagaimana tingginya harga kedelai akibat berkurangnya pasokan secara nasional.

Namun untuk harganya sendiri di pasaran, sejauh ini berada dikisaran Rp 10 hingga 11 ribu per kilogram. Harga tersebut memang sudah berlangsung sejak lama di Kota Pangkalpinang. 

"Kalau untuk kedelai impor di sini memang harga sudah lama di atas harga nasional, jadi sewaktu turun ke lapangan kemarin harganya di pasaran Rp 10 ribu menjadi 11 ribu per kilogram. Harga ini memang dari sebelum-sebelumnya," ujar Donal, Jumat (8/1/2020).

Berdasarkan data Disperindag Kota Pangkalpinang, tercatat ada 76 pengerajin olahan kedelai seperti tahu dan tempe di kota tersebut.

Donal mengatakan, setelah harga kedelai naik di beberapa daerah atau secara nasional saat ini tampaknya belum berpengaruh untuk di wilayah Kota Pangkalpinang. Namun, pihaknya meminta agar para pedagang kedelai tidak menaikan harga lantaran pasokan kini masih aman.

"Untuk sekarang ini kita belum begitu kelihatan ya, tapi kalau ini terus berlanjut jelas berpengaruh kalau berlanjut terus. Kalau sekarang belum begitu terlihat pengaruhnya," ujarnya.

Pasokan kedelai secara nasional untuk beberapa bulan ke depan dipastikan aman. Hal itu sebagaimana upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian. Ia juga mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak TPID dan Dinas Pertanian dan Pangan.

"Secara nasional untuk tiga bulan ke depan pasokan kedelai kita aman, Kementerian Pertanian sekarang sudah mengambil langkah-langkah itu," ungkapnya.

Pemicu tingginya harga kedelai secara nasional saat ini, kata Donal, disebabkan harga kedelai dunia atau yang dimana adanya permintaan dengan jumlah cukup besar dari importir yaitu Cina kepada Amerika.

"Kemarin kita sudah mendapatkan keterangan dari Kementerian Perdagangan bahwa pemicu kedelai naik ini karena ada permintaan cukup besar atau meningkat terutama dari negera Cina, ya, Amerika selaku produsennya. Jadi terimbas juga pasokannya ke kita," tukasnya. (hdd/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL