Tim Gabungan Tertibkan Ratusan TI Tungau, Tujuh Ponton Dibongkar Paksa

Aston    •    Jumat, 08 Januari 2021 | 18:51 WIB
Lokal
Tim Gabungan TNI / POLRI melakukan penertiban aktivitas tambang timah, TI Tungau di Perairan Nelayan Kawasan Sukadamai, Kota Toboali, Bangka Selatan, Jumat (8/1/2021) siang.(as/wb)
Tim Gabungan TNI / POLRI melakukan penertiban aktivitas tambang timah, TI Tungau di Perairan Nelayan Kawasan Sukadamai, Kota Toboali, Bangka Selatan, Jumat (8/1/2021) siang.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com – Tim Gabungan TNI / POLRI melakukan penertiban aktivitas tambang timah, TI Tungau di Perairan Nelayan Kawasan Sukadamai, Kota Toboali, Bangka Selatan, Jumat (8/1/2021) siang.

Aparat yang mulai bergerak ke lokasi penambangan sekitar pukul 13.00 WIB langsung menyisir lokasi penambangan yang sehari sebelumnya sudah diimbau untuk menghentikan aktivitas serta membongkar peralatan tambang.

Ratusan personil gabungan sebagian dipersenjatai senjata laras panjang dari satuan Brimob Polda Babel guna mengamankan jalan operasi penertiban. 

"Hari ini sebagaimana yang saya sampaikan kemarin bahwa Polda dan Polres akan melakukan penertiban PIP dan TI Tungau yang ilegal yang tidak memiliki legalitas," ujar Karo Ops Polda Babel Kombes (Pol) Sihar Manurung kepada wartawan. 

Dalam operasi penertiban tersebut sebanyak tujuh unit peralatan tambang diamankan petugas dan langsung dibongkar oleh petugas menggunakan gergaji mesin. Barang bukti tersebut berupa satu unit TI Tower, dua unit TI Selam dan empat unit TI Tungau. 

Kombes (Pol) Sihar Manurung mengatakan, peralatan tambang tersebut terpaksa  diamankan serta dibongkar karena tidak mengindahkan imbauan petugas.

"Sesuai janji saya kemarin ada delapan unit tambang yang terpaksa kita bongkar sendiri karena bandel," tegasnya. 

Sementara sebagian para penambang tampak membongkar sendiri peralatan tambang mereka. Hal itu pun mendapat apresiasi dari petugas. 

"Kemarin kita lihat banyak sekali tungau di bibir pantai sekarang kita lihat banyak perubahan. Masyarakat ada yang mengerti aturan hukum sehingga membongkar sendiri. Nah hal ini yang kami harapkan masyarakat mengerti tentang aturan-aturan yang kita sampaikan sehingga saya kira kesadaran masyarakat Bangka Selatan ini cukup mengerti dan kami mengucapkan banyak banyak terima kasih yang mau membongkar sendiri," tuturnya.

Pantaun di lokasi semua peralatan tambang sudah diparkirkan ke daratan oleh para penambang dan sebagian terlihat sibuk membongkar peralatan tambang mereka.(as/wb)





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL