Manfaat Jamur Grigit Bagi Kesehatan Tubuh

Tim_Wow    •    Minggu, 10 Januari 2021 | 14:17 WIB
Travel
Kulat Kukur atau Jamur Grigit yang tumbuh di bekas pohon karet.(wb)
Kulat Kukur atau Jamur Grigit yang tumbuh di bekas pohon karet.(wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Tumbuhan jamur kukur atau jamur grigit banyak sekali tumbuh di Provinsi Bangka Belitung apalagi ketika musim hujan. Sebagian besar orang di Bangka Belitung menyebut jamur kukur ini dengan sebutan kulat kukur.

Jamur grigit memiliki nama latin splitgill mushroom. Jenis jamur ini belum banyak dibudidaya dan masih tumbuh secara alami. Biasanya muncul pada musim penghujan dan tumbuh di kayu pohon karet atau kemiri yang sudah lapuk. Umur jamur ini cukup singkat yakni lima hingga enam hari.

Jamur ini juga banyak dijual di pasaran dan tidak begitu sulit untu  mendapatkannya, hargapun relatif murah di kisaran Rp 20 ribu per kilogramnya.

Biasanya ketika musim hujan, banyak masyarakat yang mencari jamur ini untuk dikonsumsi. Berbagai macam olahan untuk mengkonsumsi jamur ini, salah satunya yang paling gampang adalah ditumis.

Ternyata tidak hanya enak, namun jamur ini miliki manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jamur ini mengandung protein yang diperlukan tubuh untuk menciptakan antivirus yang bermanfaat dalam melindungi sel-sel tubuh serta melakukan perbaikan jaringan dalam tubuh. 

Jamur ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan mempromosikan kesehatan sel dendritik yang berada di sumsum tulang. Salah satu antioksidan dalam jamur adalah ergothioneine. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan mempromosikan kekebalan tubuh. 

Jamur juga memiliki antibiotik alami. Antibiotik alami dalam jamur dapat menurunkan resiko infeksi mikroba dan sebagainya. Vitamin A, vitamin B-kompleks dan vitamin C yang ada dalam jamur akan berfungsi memperkuat sistem kekebalan.

Menurunkan Resiko Peradangan

Jamur ini memiliki kandungan selenium yang bisa melindungi tubuh dari penyakit kronis. Selenium merupakan salah satu jenis mineral yang dapat berpengaruh pada kinerza enzim hati. Mineral ini juga mampu membantu detoksifikasi dari zat yang meningkatkan resiko kanker. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL