1.287 Rumah di Kabupaten Bangka Terendam Banjir

Dwi H Putra    •    Rabu, 13 Januari 2021 | 17:53 WIB
Lokal
Caption: Evakuasi korban banjir di Kabupaten Bangka, Rabu (13/1/2021). (dwi/wb)
Caption: Evakuasi korban banjir di Kabupaten Bangka, Rabu (13/1/2021). (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Hujan dengan intensitas tinggi dalam dua hari terakhir disertai air laut pasang, mengakibatkan  1.287 unit rumah warga dari enam kecamatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terendam banjir. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Nursi, mengatakan dari 1.287 unit rumah tersebut berada di Kecamatan Sungailiat, Bakam, Belinyu, Puding Besar dan Pemali. 

"Pantauan di lapangan, kebanyakan rumah yang terendam berada tidak jauh dari aliran sungai dan posisi daratan rendah," kata Nursi di Sungailiat, Rabu (13/1/2021). 

Lanjutnya berbagai pihak diantaranya BPBD, Satpol PP, TNI dan Polri turun ke lapangan untuk membantu evakuasi warga dan benda berharga milik warga supaya tidak terendam banjir. 

Sedangkan terkait data sebanyak 1.287 unit rumah yang terendam berlokasi di Kecamatan Sungailiat berada di lima kelurahan sebanyak 701 unit rumah, di Kecamatan Bakam air mengenangi area jembatan Desa Mabat dan lima unit rumah terkena banjir, di Kecamatan Belinyu terjadi di Dusun Gedong Desa Lumut, Kampung Sungai Keladi merendam sebanyak 36 unit rumah.

Lalu, di Kecamatan Riau Silip terjadi di perbatasan antara Desa Pangkalnyiur dengan Desa Banyuasin, Dusun Simpang Lumut Desa Lumut, SD N 6 Riau Silip, Dusun Mapur Desa Mapur sebanyak 32 unit rumah terkena banjir, di Kecamatan Puding Besar terjadi di Jembatan Kampung Melan dan Desa Kayu Besi sebanyak 15  rumah terkena banjir, di Kecamatan Pemali terjadi di Desa air Duren sebanyak dua unit rumah terendam. 

"Tidak ada korban jiwa, kami masih terus melakukan pemantauan di lapangan, mengingat kondisi cuaca masih terlihat mendung," jelas Nursi. 

"Kami imbau kepada masyarakat untuk lebih waspada, sebab banjir bisa saja terjadi lagi," pungkasnya. (dwi/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL