Banjir Rob Landa Bangka Belitung, Ribuan Rumah Terendam Banjir

Salah satu rumah warga di Kota Pangkalpinang yang terendam banjir.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Ribuan rumah warga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdampak banjir rob, yang melanda wilayah ini, Rabu (13/1/2021) pagi.

Bahkan dalam sebuah rekaman video amatir kamera ponsel warga, sempat merekam hantaman gelombang tinggi sampai melewati talud yang terjadi di pesisir Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. Bahkan air sampai menggenangi jalan dan masuk kerumah warga.

Akibatnya material pasir yang terbawa mengendap di lantai rumah warga setebal 10 hingga 20 sentimeter. 

Selain di Pangkalpinang, sejumlah kabupaten juga terdampak seperti Bangka Barat, Bangka, Bangka Tengah, Belitung dan belitung timur.

Di Kabupaten Bangka, banjir cukup parah merendam ribuan kediaman penduduk di lima kecamatan. Data BPBD Kabupaten Bangka ada 1.287 unit rumah warga kebanjiran yang tersebar di Kecamatan Sungailiat, Pemali, Puding Besar, Bakam dan Belinyu.

Di Bangka Barat pun demikian, bahkan di Dusun Pala Desa Teluk Limau Kecamatan Parittiga, gelombang tinggi merobohkan rumah warga di pinggir pantai.

Sementara itu di Bangka Tengah, genangan air sempat membuat kemacetan panjang di ruas jalan antara Desa Guntung dengan Kelurahan Arung Dalam Kecamatan Koba.

Kepala BPBD Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan pasang surut air laut seperti ini masih akan terjadi hingga besok dan beberapa hari ke depan.

“Warga diimbau untuk waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang melanda sejumlah wilayah di Bangka Belitung, terlebih mereka yang tinggal di daerah pesisir dan kawasan rawan banjir,” tukas Mikron.(wb)





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL