Cus, Jokowi Divaksin Sinovac di Tangan Kiri

Tim_Wow    •    Rabu, 13 Januari 2021 | 11:35 WIB
Nasional
Presiden RI, Joko Widodo saat melakukan vaksinasi Covid-19 di Istana Kepresidenan.(sumber: twiitter)
Presiden RI, Joko Widodo saat melakukan vaksinasi Covid-19 di Istana Kepresidenan.(sumber: twiitter)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi  menerima vaksinasi Covid-19 perdana di Indonesia yang digelar di Istana Kepresidenan, Rabu (13/1/2021) pagi.

Presiden RI ini mengenakan setelan kemeja lengan pendek warna putih, celana panjang hitam, dan masker warna putih. Dengan santai Jokowi mendatangi lokasi vaksinasi Covid-19 di balkon Istana Kepresidenan.

Sekitar pukul 09.42 WIB, Jokowi menerima suntikan vaksinasi di lengan kiri yang dilakukan oleh dokter istana. Proses penyuntikan berjalan singkat dengan menerapkan protokok kesehatan. 

Sebelumnya Jokowi mengikuti alur vaksinasi dengan harus melewati empat meja untuk memenuhi prosesi vaksinasi. Pada meja pertama, Jokowi terlihat mengobrol singkat dengan petugas berkerudung merah. Jokowi juga memperlihatkan ponsel miliknya kepada petugas yang dibatasi dengan tembok transparan.

Selanjutnya Jokowi pun menuju meja kedua. Ia dilayani oleh petugas untuk mengecek tekanan darah. Petugas tersebut juga terlihat mengajukan beberapa pertanyaan kepada Presiden Jokowi terkait riwayat kesehatan dan memberikan sebuah kartu.

Pada meja ketiga, Jokowi bertemu dengan dua petugas kesehatan atau dokter. Satu orang bertugas mengambil dosis vaksin Covid-19 di dalam kotak dingin (cool box). Sementara itu, dokter yang berusia lebih tua bersiap untuk meyuntikkan vaksin di lengan kiri Presiden Jokowi.

Usai disuntik vaksin Covid-19, Jokowi kembali berjalan beberapa langkah ke meja terakhir. Di sana, Jokowi ditunggu dua orang petugas kesehatan. Presiden memberikan kartu yang dimilikinya kepada petugas kesehatan tersebut.

“Saya ditanya: pernah terkonfirmasi positif Covid-19, pernah batuk atau pilek, mengidap penyakit jantung, atau penyakit lain seperti ginjal? Dll. Semua saya jawab tidak,”  ungkap Jokowi di akun twitter resmi usai vaksinasi.

Menurut Jokowi, ini merupakan ikhtiar besar untuk terbebas dari pandemi dengan menerima Vaksin Covid-19.

Ditambahkan Jokowi, Vaksin Covid-19 ini sudah lama ditunggu dan baru bisa disuntikan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat dan Majelis Ulama Indonesia menyatakan suci dan halal untuk digunakan.

“Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya dimulai hari ini berjalan dengan lancer,” tulis Jokowi dalam akun twitter resminya.

Pemerintah memulai program vaksinasi nasional COVID-19 secara gratis hari ini, Rabu (13/01/2021), sebagai upaya untuk keluar dari pandemi COVID-19 yang tengah melanda. Sebagai penerima vaksin pertama adalah Presiden RI Joko Widodo. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan vaksinasi adalah upaya untuk melindungi diri sendiri sekaligus seluruh umat manusia di dunia. 

“Pesan saya hanya satu kepada teman-teman saya rakyat Indonesia, bahwa vaksin ini adalah alat yang bisa dipakai untuk melindungi diri kita. Tetapi yang lebih penting, vaksin ini juga digunakan untuk melindungi keluarga kita, melindungi tetangga-tetangga kita, melindungi rakyat Indonesia, melindungi peradaban umat manusia di seluruh dunia,” ujarnya di Halaman Istana Merdeka.(bbs/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL