Empat Tambak Udang di Bateng Belum Kantongi Izin

Caption: Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Bangka Tengah, Kartina. (her/wb)
Caption: Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Bangka Tengah, Kartina. (her/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Usaha tambak udang memang sangat menjanjikan dan menguntungkan namun harus memiliki izin lengkap. Saat ini dari delapan Perusahaan tambak udang di Bangka Tengah (Bateng), baru empat Perusahaan memiliki izin mendekati lengkap.

Adapun ke empat Perusahaan tersebut, yakni PT Tanjung Langkah Tri Anugerah, PT. Berkah Bumi Laut Sentosa, PT. Serimpi Daya Lestari dan CV. Gunung Prima.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Bangka Tengah, Kartina membenarkan bahwa ada empat perusahaan tambak udang yang baru memiliki izin mendekati lengkap.

"Untuk Izin yang dimiliki oleh ke empat Perusahaan itu, yakni Izin Lokasi, izin Lingkungan, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Usaha Perikanan," ujar Kartina, Jumat (15/1/2020).

Selain izin tersebut, pihak perusahaan tambak udang juga harus memiliki Izin Pembuangan Air Limbah (IPAL). Izin ini yang mengeluarkan yakni Pemerintah Pusat.

"Setau kami, belum ada satupun perusahaan tambak udang yang memiliki izin tersebut. Karena izin itu baru keluar, setelah aktivitas pembuangan limbah ke laut," ungkap Kartina.

Ia juga menegaskan, bagi perusahaan yang telah memiliki IMB, maka perusahaan tersebut harus memasang plang IMB nya.

"Mengenai Plang IMB harus di pasang, sebagai tanda bahwa Perusahaan tersebut sudah memiliki izin," tegasnya. (her/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL