DPR Sarankan Kemen PAN-RB Angkat Guru Honorer Jadi PNS

Tim_Wow    •    Senin, 18 Januari 2021 | 13:13 WIB
Nasional
Caption: Anggota Komisi II DPR RI, Johan Budi. (IST/net)
Caption: Anggota Komisi II DPR RI, Johan Budi. (IST/net)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Anggota Komisi II DPR RI, Johan Budi menyarankan agara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) untuk mengangkat guru honorer sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sesuai dengan rencana pemerintah yang akan  mengangkat  1,3 juta  PNS mulai tahun 2021.

Para guru honorer yang bakal diangkat sebagai PNS, kata Johan Budi termasuk  berusia di atas 35 tahun yang sudah lama mengabdi. Saran pengangkatan guru honor ini disampaikan Johan Budi saat rapat kerja antara Komisi II dengan Kemenpan RB, Kemendagri, Kemenkum dan HAM, serta dari Kementerian Keuangan RI, Senin (18/1/2021).

"Saran saja kepada Kemenpan RB agar sekitar 1,3 juta tenaga honorer yang bakal diangkat termasuk guru honorer usia di atas 35 tahun. Karena sudah lama mengabdi sebagai honorer dengan penghasilan yang minim," kata Johan Budi.

Johan juga menyampaikan persoalan honorer masalah klasik yang tidak pernah terselesaikan akibat road map yang tidak jelas.

"Dari dulu Menpan RB berusaha menyusun grand desain, padahal sudah lama jadi persoalan," ujar Johan.

Sebelumnya saat memberikan  pandangan terhadap rencana revisi Rancangan Undang Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Kemen PAN-RB memastikan, tidak dapat memenuhi permintaan DPR menangkat para honorer secara langsung menjadi PNS. (wb)




MEDSOS WOWBABEL