Pilkada Empat Kabupaten di Bangka Belitung Tanpa Gugatan

Firman    •    Jumat, 22 Januari 2021 | 16:28 WIB
Pilkada
Caption: Ketua KPU Bangka Belitung, Davitri. (dok/wb)
Caption: Ketua KPU Bangka Belitung, Davitri. (dok/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang diselenggarakan 9 Desember 2020 yang lalu, di empat Kabupaten Provinsi Bangka Belitung berjalan sukses.

Dalam pesta Demokrasi yang digelar lima tahun sekali itu, empat Kabupaten yang ada di Babel, seperti Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Belitung Timur, juga berakhir tanpa ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dari masing-masing pasangan calon.

"Sesuai dengan lampiran surat KPU RI, yang kami terima untuk 4 Kabupaten di Babel, tidak ada yang mengajukan gugatan ke PHPU ke Mahkamah Konstitusi (MK)," ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Babel Davitri, Jumat (22/1/2021).

Selain itu dijelaskannya, berdsarkan surat tersebut, KPU yang ada di empat Kabupaten sudah mulai bisa menetapkan calon bupati dan wakil bupati terpilih.

"Jadi hari ini, KPU yang ada di empat Kabupaten, sudah bisa menetapkan calon terpilih, dan itu maksimal lima hari setelah ditrima dari MK," jelasnya.

"Hari ini calon bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Bangka Barat, sudah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Babar, sedangkan Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur, akan dilakukan penetapan besok," sambungnya.

Davitri juga menyampaikan, terkait pelantikan bupati dan wakil bupati nantinya ranahnya Kemendagri.

"Untuk waktu pelantikan calon bupati dan wakil bupati, itu nantinya sudah menjadi ranahnya Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)," tandas Davitri. (fn/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL