Sejumlah Pabrik Arak di Bangka Tengah Masih Bebas Beroperasi

Herdian wow    •    Jumat, 22 Januari 2021 | 20:40 WIB
Lokal
Salah satu pabrik arak di Kabupaten  Bangka Tengah.(her/wb)
Salah satu pabrik arak di Kabupaten Bangka Tengah.(her/wb)

PANGKALANBARU, www.wowbabel.com - Pabrik pembuatan minuman keras jenis arak ternyata banyak di Kabupaten Bangka Tengah, berdasarkan hasil pantauan di lapangan ditemukan enam titik di kawasan Desa Jeruk Kecamatan Pangkalanbaru dan Desa Kayu Besi Kecamatan Namang. 

Rata-rata pabrik arak tersebut berada di tengah hutan dan jauh dari pemukiman warga sehingga luput dari pantauan media.

Informasi yang berhasil dihimpun wowbabel di lapangan didapati pabrik arak tersebut sudah melakukan produksinya lebih dari satu tahun.

Satu diantara pemilik pabrik arak, yakni berinisial AP yang berhasil dimintai keterangan menyebutkan jika pabrik araknya sudah beroperasi satu tahun lebih dan melakukan produksi tiga kali dalam seminggu.

"Kami produksi jika ada pesanan saja dan dalam seminggu bisa tiga kali produksi namun untuk hari ini tidak produksi karena tidak ada pesanan," ungkap AP.

Ditambahkan AP, setiap produksi dirinya bisa menghasilkan 10 sampai 20 jeriken dan itupun disesuaikan dengan pesanan pembeli.

Sementara  pemilik pabrik arak lainnya, yang berinisial AB, diduga memiliki omset belasan juta per bulan mengatakan jika pihaknya melakukan pembuatan arak tiga hari sekali.

"Untuk sekarang nih produksi kita beguyur (bertahap—red) lah karena pesanan selalu ada dan mengenai hasilnya yah lumayan lah," terangnya

Ia menyebutkan terkadang pihak pembeli mengambil pesanannya ke pabrik dan ada juga yang datang ke rumah.

Mengenai maraknya pembuatan minuman keras jenis arak ini Kasat Reskrim Polres Bateng AKP Rais Muin mengatakan akan menindaklanjuti informasi tersebut dan akan dilakukan penyelidikan.

"Kita akan tindaklanjuti informasi tersebut dan kita akan melakukan penyelidikan," tukasnya.(her/wb)





TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL