Polsek Belinyu Tindak Tegas Penambangan di Laut Mengkubung

Dwi H Putra    •    Minggu, 24 Januari 2021 | 20:18 WIB
Lokal
Captiom: Spanduk imbauan agar masyarakat tidak menambang di Laut Mengkubung. (IST)
Captiom: Spanduk imbauan agar masyarakat tidak menambang di Laut Mengkubung. (IST)

BELINYU, www.wowbabel.com -- Polsek Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pertambangan di Laut Mengkubung Desa Riding Panjang. 

Kapolsek Belinyu, Kompol Ricky Dwiraya Putra Sik, mengatakan imbauan dilakukan dengan pemasangan spanduk di sekitar pesisir pantai di Laut Mengkubung oleh Anggota Polsek Belinyu. 

"Pemasangan spanduk ini bertujuan agar melarang adanya aktivitas penambangan tanpa izin atau tambang ilegal," kata Kompol Ricky di Belinyu, Minggu (24/1/2021). 

Dijelaskan kapolsek, bagi warga yang melanggar akan dikenakan Pasal 158 UU RI Nomor 4 Tahun 2009 yang mana setiap orang yang melakukan penambangan tanpa IUP, IPR, Atau IUPK Sebagaimana dalam Pasal 37,40 ayat 31, Pasal 67 Ayat 1, Pasal 74 ayat 1 atau ayat 5 diancam pidana penjara 10 tahun dan denda Rp 10 M. 

"Diharapkan dengan adanya imbauan ini wilayah Laut Mengkubung bersih dari aktivitas penambangan," jelas Kapolsek. 

"Polsek Belinyu akan melakukan tindakan hukum kepada para penambang, apabila tetap melakukan aktivitas penambangan di Laut Mengkubung ini," pungkasnya. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL